Webiner Literasi Digital untuk Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera utara, Senin, 30 Agustus 2021, Jam 09.00 WIB membahas tema literasi digital bagi tenaga pendidik dan anak didik era digital.

Webinar dibawakan  oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akanmemberikan sharing session.

Komunitas akademik adalah kelompok atau kumpulan orang yang berinteraksi dalam bidang akademis untuk mencapai suatu tujuan bersama. Pendidikan di era digital merupakan pendidikan yang harus mengintergasian teknologi informasi dan komunikasi kedalam seluruh mata pelajaran.

Baca juga: Privasi dan keamanan di dunia digital

Peran komunitas akademik di era digital, salah satunya untuk mendapat informasi dengan membagikan di komunitas akademik mencari informasi digital. 

Dengan berkembangnya pendidikan era digital maka memungkinkan siswa mendapatkan pengetahuan yang berlimpah ruah serta cepat dan mudah. 

E-learning merupakan jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar kesiswa dengan menggunakan media internet, internet, atau media jaringan komputer lain.

Manfaat dan kelebihan e-learning, meliputi fleksibel, meningkatkan kemandirian siswa, serta meningkatkan partisipasi aktif. 

Essential kemampuan dasar untuk tenaga pendidik, meliputi collaborative whiteboarding, screencasting, critical digital awareness, dan video conferencing.

Pembelajaran  asinkron memiliki banyak manfaat, antara lain membantu para pengajar atau dosen untuk merencanakan dan membuat silabus, mengelola bahan pembelajaran, mengelola aktivitas perkuliahan mahasiswa, mengelola nilai, berdiskusi dan melakukan kuis, serta melakukan bimbingan akademik. 

Sistem pembelajaran daring, seperti open access, kampus merdeka, open content, open course, dan online course. 

Etika dalam menghargai konten atau karya orang lain di media sosial, antara lain memberi saran dan kritik yang membangun, diam adalah pilahan yang tepat, jangan menikmati karya bajakan, tidak menjiplak karya orang lain, serta meminta izin kepada pembuat karya jika ingin menggunakan karyanya. 

 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021