Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan yang dikelola Pelindo 1 hingga Agustus 2021 sudah melayani kunjungan kapal sebanyak 566 call dengan terbanyak rute internasional.

"Dari kunjungan kapal yang sebanyak 566 call itu, sebanyak 301 call internasional dan domestik sebanyak 265 call," ujar General Manager TPK Belawan, Yarham Harid di Medan, Kamis (30/9)

Kunjungan kapal itu diperkirakan meningkat sejalan dengan perbaikan ekonomi dampak semakin bisa ditekannya pandemi COVID-19.

Baca juga: Pelindo I-IV gelar sosialisasi tentang merger Pelindo kepada asosiasi dan instansi terkait

Layanan Meratus Malacca Expres yang melayani rute Pelabuhan Belawan-Klang Malaysia-Belawan yang baru dioperasikan misalnya menambah kunjungan kapal di TPK Belawan.

Kunjungan kapal tiu diyakini akan semakin meningkat sejalan dengan semakin membaiknya perekonomian.

Ada pun bongkar muat peti kemas baik internasional maupun domestik hingga Agustus 2021 sudah sebanyak 766.795 TEUs.

Volume bongkar muat itu, katanya, tumbuh 3,8 persen bila dibandingkan dengan periode sama pada tahun 2020 yang sebanyak 738.607 TEUs.

Komoditas unggulan yang dilayani di TPK Belawan masih meliputi: produk turunan crude palm oil (CPO), hasil perkebunan dan pertanian.

Dalam melayani bongkar muat peti kemas, TPK Belawan memastikan kesiapan alat, sumber daya manusia, serta kemudahan layanan dalam penggunaan sistem/teknologi sehingga dapat memberikan bongkar muat peti kemas yang efisien serta menciptakan "customer experience" yang baik.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021