Webiner Literasi Digital untuk Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara,  Jumat, 27 Agustus 2021, Jam 09.00 WIB membahas tentang Dampak Positif Bermedia Sosial.

Sejumlah narasumber dihadirkan yakni DwiKencana Wulan, M.Psi., Psikolog (Dosen Psikolog), Nowela Mikhelia (Penyanyi Indonesia Idol 2014), Dr. RessiDwiana, MA (Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Medan Area), Diana Saragih, SS (Filmmaker dan Penulis), serta Key Opinion Leader oleh Aliah Lestari Sayuti seorang Influencer.

Pembahasan tentang manfaat media sosial, antara lain sekolah online, bisnis, personal branding, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta pelayanan kesehatan.

Baca juga: Pentingnya menjaga keamanan privasi di dunia maya

 Memanfaatkan semua alat yang tersedia untuk memperoleh kebaikan dan keuntungan.

Bijak menyikapi berita atau informasi di media sosial, antara lain menjaga diri dari kecemasan dan depresi, menjaga nama baik diri, serta menjaga persatuan bangsa. 

Pilih konten yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas diri dan bijak dalam memilih akun media sosial yang diikuti. 

Internet menyediakan tempat bagi hampir semua orang untuk berpendapat dan berekspresi. Media digital ditandai dengan kemudahan berbagi. 

Sisi positifnya, menawarkan peluang bagi banyak  pihak untuk memotong peran perantara seperti di media tradisional. 

Di sisi negatif, unggahan masyarakat juga dapat dengan mudah dibajak. Selain itu, internet juga memungkinkan penghancuran karakter seseorang melalui unggahan yang menjelek-jelekkan seseorang.

Maraknya penyebaran hoaks,memaksa pemerintah melakukan langkah antisipasi dengan menerbitkan UU Internet dan Transaksi Elektronik (ITE). 

Sayangnya, UU ITE tersebut tidak hanya dipakai untuk menangkal hoaks, tapi juga dipergunakan untuk mengekang kebebasan berekspresi.

Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung.

Empat kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Kecakapan Digital, Keamanan Digital, Etika Digital dan Budaya Digital.

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Sumatera Utara  EdyRahmayadi., dan  Presiden RI Joko Widodo memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021