Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sumatera Utara optimistis target sertifikasi tanah barang milik negara (BMN) sebanyak 1.392 persil pada 2021 akan tercapai bahkan bisa lebih cepat.

"Optimisme itu mengacu pada realisasi sertifikasi tanah BMN hingga Agustus 2021 sudah sebanyak 1.225 persil," ujar Kakanwil DJKN Sumut, Tedy Syandriadi, di Medan, Selasa (28/9).

Dia mengatakan itu pada kegiatan serah terima sertifikat BMN berupa tanah kepada satuan kerja yang menjadi target program percepatan sertifikasi BMN tahun 2021 di wilayah kerja KPKNL Medan.

Tedy mengapresiasi kinerja dan dukungan kanwil BPN Provinsi Sumut, KPKNL Medan, seluruh kantor pertanahan di wilayah Sumut, dan seluruh satuan kerja dalam mengamankan aset negara.

Pandemi COVID-19, katanya, tidak menyurutkan semangat Kanwil DJKN dan Kanwil BPN Sumut untuk tetap optimis dapat menyelesaikan program sertifikasi BMN .

Dia menegaskan, program percepatan sertifikasi BMN merupakan upaya akselerasi pemerintah dalam melakukan penertiban aset yang salah satunya meliputi legalitas aset tetap pada seluruh kementerian/lembaga.

Program sertifikasi BMN yang menjadi target di wilayah kerja KPKNL Medan, katanya, dilakukan KPKNL Medan berkordinasi dengan Kantor Pertanahan Kota Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Langkat, serta Binjai itu, berhasil menyelesaikan program sertifikasi BMN sebanyak 400 persil.

Sertifikat lain yang telah terbit di wilayah kerja KPKNL Pematangsiantar, KPKNL Kisaran, KPKNL Padangsidimpuan, telah diserahkan secara mandiri kepada satuan kerja.

Kepala. Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumut yang diwakili Kepala Bidang Penetapan Hak dan Pendaftaran, Indra Imanuddin, menyebutkan, kendala dan hambatan dalam proses sertifikasi tanah BMN itu yang bisa diatasi berkat kerja sama yang baik dengan semua yang terkait.

"Keberhasilam sertifikasi tanah BMN itu karena semuanya selalu bergandengan tangan," ujarnya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021