Co-Founder dan CMO of Bicara Project, Chika Audhika pad awebiner Literasi Digital untuk Kabupaten Deli Serdang Kamis, 26 Agustus 2021, Jam 09.00 WIB menyampikan materi dengan tema Informasi Digital, Identitas Digitak, dan jejak Digital Dalam Media Sosial.

Dalam pemaparannya, Chika menjelaskan informasi, identitas, dan jejak digital saat ini sudah mudah ditemukan pada media sosial serta unggahan seseorang.
 
Media sosial paling populerdalam setahun ini ialah youtube, whatsapp, dan instagram.
Sifat pesan di media sosial diantaranya, massal, mudah diabadikan, dan selamanya. 

Baca juga: Ajarkan anak tentang internet sehat

Tips bermain media sosial dengan baik pada informasi, posting konten informatif serta bermanfaat, utamakan fakta, hindari hoax, SARA, dan pornografi. 

Pada identitas, ciptakan personal branding atau citra diri yang baik dan tunjukan potensi diri. Serta, pada jejak digital, tinggalkan jejak digital yang positif berupa unggahan dan komentar yang baik.

Dilanjutkan oleh DR. Daniel Susilo (Dosen Universitas Multimedia Nusantara). Daniel menjabarkan aturan perlindungan data pribadi di sistem elektronik, meliputi engaduan atas kegagalan perlindungan kerahasiaan data pribadinya oleh penyelenggara sistem elektronik.

Menjaga kerahasiaan data pribadi yang diperoleh, akses untuk mengubah atau memperbarui data pribadinya, serta menggunakan data pribadi sesuai dengan kebutuhan pengguna saja. 

Cara melindungi data pribadi, antara lain sembunyikan tanggal lahir, tidak memasang lokasi di unggahan, tidak unggah kartu identitas dan sejenisnya, hapus pertemanan dengan orang yang tidak dikenal, tidak unggah sesuatu yang berhubungan dengan anak kecil, serta jangan terlalu menunjukan situasi pekerjaanmu.

Webinar diakhiri, oleh Jesseline Olivia sebagai Influencer yang memberikan sharing session mengenai pembahasan yang sudah diangkat oleh para narasumber.
 
Jesseline menceritakan banyaknya ujaran kebencian di media sosial yang membuatnya harus hati-hati dalam mengunggah atau membagikan informasi. Karena, jika Jesseline salah dalam membagikan informasi, maka kemungkinan besar akan banyak ujaran kebencian dari pengikutnya atau yang tidak mengikutinya. 

Menjaga jejak digital di media sosial sangatlah penting, karena jejak digital dapat berpengaruh di masa depan kita. Gunakan media sosial secara bijak dan jejak digital yang positif agar tidak terkena masalah di dunia nyata.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021