Tahapan pendaftaran bakal calon kepala desa baru saja berlalu, kini telah memasuki tahapan verifikasi berkas para bakal calon dalam perhelatan Pilkades 200 desa serentak di wilayah Kabupaten Tapanuli Utara.

Desa Hutatinggi, Kecamatan Parmonangan, menjadi salah satu wilayah yang menyelenggarakan pesta demokrasi ini, dan dipantau ANTARA, Jumat (24/9).

Petahana Kades Hutatinggi, Parsaoran Manalu yang kembali maju dalam Pilkades melawan kompetitornya sesama marga Manalu disebut layak melanjutkan kepemimpinannya.

Parsaoran yang mendaftarkan diri semalam, tampak diiringi puluhan sanak saudaranya, dan diterima Ketua PPKD Hutatinggi Parmonangan, Jubel Manalu di Posko PPKD setempat.

Baca juga: Kian aneh, MCB dilakban hingga PLN gugup, ini soal listrik tanpa meteran di Taput

"Saya akan maju kembali pada pilkades tahun 2021 ini, sesuai dengan keinginan dan dukungan dari warga desa," sebut Parsaoran menyikapi amanah dari warga, Kamis (23/9).

Sejumlah program ke depan diutarakannya, mulai kinerja aparatur Pemerintah Desa guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, pembangunan desa yang merata, perbaikan, pemeliharaan infrastuktur dan sarana pendidikan serta sarana olahraga di Desa Hutatinggi berdasarkan skala prioritas kebutuhan masyarakat.
 
Kata dia, bagaimana mengorganisir pemuda desa, dan meningkatkan perannya sebagai kader pembangunan, kader pemimpin masa depan dan membantu mendapatkan peluang pekerjaan, juga dijanjikannya.

"Saya akan berjuang penuh untuk Desa Hutatinggi dengan membangun ekonomi atau meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, serta mewujudkan berdirinya BUMDes, dan program lain untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat desa, juga meningkatkan produksi rumah tangga kecil dengan membentuk kelompok tani," jelasnya.

Terpisah, Partahian Simanjuntak (71), warga Dusun Ria Nauli, Desa Hutatinggi mengatakan bahwa antusias masyarakat untuk mendukung  kepala desa petahana untuk kembali mencalonkan didasari progres nyata pembangunan, selama 6 tahun terakhir.

Hal yang sama juga diungkapkan, Biner Simamora warga setempat yang siap mendukung dan memenangkan kades petahana pada Pilkades kali ini.

Nyaris senada, Rimma Simbolon, warga setempat juga mengungkapkan, kepemimpinan Parsaoran di desa tersebut memang sangat layak dilanjutkan. 

"Sejak dipimpin Parsaoran, Desa Hutatinggi mengalami kemajuan yang pesat. Itu alasan pertama mengapa dia harus melanjutkan kepemimpinannya. Jika saat ini dirinya (Parsaoran) tengah melaju dengan kecepatan tinggi dalam membangun Desa Hutatinggi, mengapa tidak kita dukung," tukasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021