Wali Kota Medan Bobby Nasution tidak mau tergesa-gesa dalam menentukan jadwal pembelajaran tatap muka (PTM). Pasalnya, sampai hari ini vaksinasi pelajar masih rendah.

Padahal saat ini pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Kota Medan sudah turun dari level IV ke III. Sesuai ketentuan daerah yang PPKM level III diperbolehkan membuka PTM.

Dari 103.000 pelajar SMP se Kota Medan, yang sudah vaksin masih 4.000. "Belum (belajar tatap muka), masih kejar vaksin pelajar dulu," tegas Wali Kota Medan Bobby Nasution usai kegiatan peninjauan lokasi sentra vaksinasi di Jalan Gatot Subroto, Rabu (22/9) malam.



Dengan ketersedian dosis vaksin yang terus bertambah, menantu Presiden Jokowi itu akan terus menggenjot vaksinasi pelajar. "Lokasinya di sekolah masing-masing. Hari ini vaksin ditambah lagi, kemarin ada 60.000 dosis, hari ini sudah 100.000 dosis," tuturnya.

Bobby sendiri tidak menetapkan angka minimal capaian vaksinasi pelajar  sebelum benar-benar digelar PTM. Mengenai starus PPKM Medan yang turun level IV menjadi III disampaikan kepada masyarakat melalui surat edaran wali kota.

"Kita teruskan melalui surat edaran wali kota. Tapi saya katakan kita tidak boleh euforia, karena COVID-19 masih ada bukan hilang, namun penyebaran dan transmisi berkurang," ujarnya.

Selain sekolah yang boleh dibuka, aturan PPKM level III juga memperbolehkan dibukanya kembali bioskop. Terkait itu, Bobby berpesan agar penerapan protokol kesehatan (prokes). Menjual makanan atau minuman, kata dia, tidak diperbolehkan meski bioskop sudah kembali buk. "Yang penting prokesnya. Tidak ada jual makanan, minum di dalamnya," bebernya.

Bukan hanya itu anak berusia di bawah 12 tahun, disebut Bobby belum boleh masuk bioskop.

"Ini yang perlu di sosialisasikan dulu. Nanti akan kita komunikasikan melalui mal atau bioskopnya ini sudah boleh dengan aturan berlaku. Harus juga menunjukkan peduli lindungi," paparnya.

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021