Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) mengajak seluruh masyarakatnya untuk menggelar aksi bersih-bersih dalam rangka memeringati World Cleanup Day 2021.

"Yok..mari kita ramai-ramai bersih-bersih lingkungan," ajak Bupati sebagaimana di sampaikan melalui ANTARA, di Sipirok pada Senin (13/9).

Menurut Dolly, world cleanup day atau hari pembersihan sedunia yang jatuh pada 19 September setiap tahunnya perlu di dukung penuh. 

"Apalagi Pemkab sudah memulai program bersih-bersih ini dengan bekerja sama dengan Tapanuli Sarop Foundation pada Selasa dan Jum'at, kegiatan pengumpulan sampah di Huta Ginjang Angkola Timur dan Siamporik Dolok untuk Bank Sampah atau Bank Sarop, Sarop jadi Sere," katanya. 

Baca juga: Meski level dua, Bupati Tapsel: Jangan lengah dan ingat protokol kesehatan

Dimana, di dua desa tersebut para warga Ibu-ibu bersih-bersih sampah rumah tangga mengumpul dan memilah sampah organik dan anorganik untuk ditukar dalam bentuk tabungan bank sampah tersebut. 

"Karenanya, bergerak dari kegiatan tersebut dan  world cleanup day mari kita jadikan momen ini sebagai pemacu untuk peningkatan kesadaran kita semua betapa pentingnya arti sebuah kebersihan," ujarnya. 

Menurutnya, kebersihan itu penting, di samping merupakan dari sebagian iman juga berdampak kepada kesehatan.

"Lingkungan bersih akan cukup berpengaruh menjadikan jiwa raga semakin sehat dan alam semakin asri. Apalagi beberapa desa sudah kita dorong untuk menjadi desa wisata. Sehingga kebersihan dan ke asrian salah satu modal faktor dapat mengundang wisata," katanya. 

Sisi lainnya, bahkan world cleanup day sangat sejalan mendukung visi misi mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat di samping cerdas dan sejahtera. 

"Karenanya kita mengajak seluruh elemen masyarakat agar dapat menggelar aksi pembersihan lingkungan hinggga tanggal 18 September 2021 mulai tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa dan kelurahan se Tapsel," katanya. 

"Kiranya aksi bersih-bersih ini dapat terus di galakkan baik melalui aksi gotong royong masyarakat dan bentuk lainnya secara berkelanjutan," harapnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021