Pekerja kreatif Tumpak Winmark Hutabarat menjelaskan ada beberapa langkah yang harus disiapkan pelaku UMKM sebelum terjun dalam dunia online.

Hal itu ia sampaikan pada webner Literasi Digital untuk Kabupaten Deliserdang, Rabu (18/8) yang mengangkat tema “Basic Knowledge dan Rules Usaha Online.

Tumpak menjabarkan hal yang harus dipersiapkan UMKM dalam usaha online, meliputi akun media sosial agar mudah ditemukan dan dipercaya pembeli, toko di marketplace untuk tempat berkumpul masyarakat belanja, serta website untuk menambah kredibilitas dan menjaring pembeli baru. 

Tips dan trik usaha online, antara lain foto produk yang bagus, desain yang menarik, dan konsisten unggah di media sosial. 

Baca juga: Memaknai hal positif di internet

Etika unggahan di media sosial, meliputi informasi yang diunggah adalah yang penting dan bermanfaat bagi produk dan bagi konsumen, sadar akan hak cipta pemilik konten, baik foto, desain dan video.

Tidak menjelekkan produk orang lain dan tidak menyebarkan hoax, tidak menjelekkan orang lain dengan tag atau mention, serta tidak menyinggung unsur SARA. 

Media sosial adalah alat marketing terbaik karena dijadikan sumber informasi dan rujukan bisnis terpercaya tim online umkm menjadi kombinasi antara aspek teknis dalam bidang internet, kreativitas desain pengembangan, serta periklanan dan penjualan.

Peneliti Bidang Seni Budaya dan Pariwisata di Beberapa Pusat Studi dan Lembaga Penelitian, Herman Widi Karyanto dalam paparannya menjelaskan perubahan masa menuju era digitalisasi memunculkan perubahan habit secara signifikan.

Sebagai konsekuensi sangat dibutuhkan kemampuan berbasis penguasaan piranti digital terkait dengan beragam peluang kerja maupun bisnis serta edukasi yang sustainable serta visioner menuju peradaban modern dengan Hi tech sebagai media penunjang. 

Kemampuan digital, meliputi mendesain rancangan bangun suatu web, kemampuan app development, coding, serta pemasaran media sosial. Kecakapan digital, meliputi konten kreatif, optimalisasi aplikasi, akselerasi branding, selling point, serta jaringan enlharging.

Pembelajaran online, antara lain metode pembelajaran efektif terkini, pembelajaran menghibur, modern dan aktual, interaktif, fleksibel, serta mudah didokumentasikan. 

Sistem pengajaran digital baik melalui platform maupun portal online, diantaranya materi pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik atau pelatihan.

Dapat berkomunikasi secara langsung atau interaktif untuk mengkonsultasikan segala hal terkait sistem pembelajaran online, mudah, murah, bermanfaat, serta dapat memperbarui secara online serta real time berbagai sumber referensi maupun literatur pendukung materi pembelajaran dengan format digitalized. 

Edukasi modern, meliputi implementasi tepat sasaran, akselerasi kemampuan, ramah lingkungan, serta efisien.

 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021