Guru Tata Boga SMK ICB Cinta Wisata Bandung, Rina Agustini, memaparkan  internet merupakan salah satu sumber daya terbaik yang tersedia bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dan berbagi ilmu pengetahuan. 

Hal itu ia sampaikan pada webiner Literasi Digital untuk Kabupaten Asahan, Jumat (6/8) pada sesi Kecakapan Digital.

Ia mengatakan beberapa hal positif di internet, meliputi menjalin persahabatan, mendukung kegiatan pemerintahan, kegiatan ekonomi, dunia pendidikan, dan menjadi sarana hiburan yang dapat menayangkan musik, film, video, dan berita. 

Kreatif di internet, dengan cara menjadi part time job di tengah pandemi, berolahraga, menyalurkan hobi, melakukan hal yang membuat senang, membuat jadwal rutin, serta mencari ilmu melalui webinar.

Baca juga: Privasi itu penting

Aman di internet, antara lain internet aman dan sehat dengan perlindungan terhadap akses internet berdasarkan daftar informasi sehat dan terpercaya, perlindungan pada masyarakat terhadap nilai-nilai etika.

Moral dan kaedah-kaedah yang tidak sesuai dengan citra Bangsa Indonesia, serta penghematan terhadap pemborosan penggunaan internet di Indonesia. 

Bentuk bahaya di internet, meliputi pencurian data pribadi, konten yang negatif, validasi link yang mencurigakan, berita palsu, bahaya orang asing, serta tidak mengungkapkan informasi pribadi.

Dilanjutkan  oleh Chika Audika (Co-Founder dan CMO of Bicara Project). Chika mengangkat tema “Main Aman Saat Berbelanja Online"

Chika menjabarkan produk digital online, mencakup shopee, tokopedia, blibli.com, instagram, whatsapp, facebook, dan instagram. 

Ciri-ciri penipuan online, antara lain harga barang jauh lebih murah, akun media sosial baru dibuat, tolak bayar di tempat, toko tidak mau didatangi, tidak memberikan resi pengiriman, serta tidak ditemukan review dari konsumen. 

Tips terhindar dari penipuan online, dengan cara terdapat ulasan produk, reputasi penjual, waspada barang yang terlalu murah, pilih cara pembayaran yang paling aman, baca deskripsi keaslian produk, simpan bukti pembayaran, serta cek paket dan hilangkan jejak data.

Webinar diakhiri, oleh Dwi Yanti (Influencer dengan Followers 28,1 Ribu). Dwi menyimpulkan hasil webinar dari tema yang sudah diangkat oleh para narasumber, berupa aman di internet.

Antara lain internet aman dan sehat dengan perlindungan terhadap akses internet berdasarkan daftar informasi sehat dan terpercaya, perlindungan pada masyarakat terhadap nilai-nilai etika, moral dan kaedah-kaedah yang tidak sesuai dengan citra Bangsa Indonesia, serta penghematan terhadap pemborosan penggunaan internet di Indonesia. 

Tips terhindar dari penipuan online, dengan cara terdapat ulasan produk, reputasi penjual, waspada barang yang terlalu murah, pilih cara pembayaran yang paling aman, baca deskripsi keaslian produk, simpan bukti pembayaran, serta cek paket dan hilangkan jejak data.

Waspada terhadap konten negatif dan berita hoax, Hindari informasi atau dokumen elektronik yang melanggar Undang-Undang. 

Jadilah manusia yang Bijak dan berbudi pekerti luhur. Masyarakat harus berhati – hati saat menggunakan internet, mengakses website, membuka email dan lain-lain. 

Masyarakat adalah pemilik bisnis atau seorang pengusaha yang mempunyai website, pastikan website kita memiliki SSL agar pelanggan yang mengunjungi website memiliki rasa aman saat mengakses situs.
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021