Internet sehat adalah konsep penggunaan internet untuk melindungi diri sendiri serta orang lain dari kemungkinan bahaya atau risiko di dunia online. 

Hal itu disampaikan Ketua Umum Perhumani (Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia) Dr Ahmad Zakiyuddin pada webiner Literasi Digital untuk Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Selasa (17/8).

Ia mengatakan, internet sehat juga bisa diartikan sebagai konsep penggunaan internet secara bijak dan sesuai dengan etika atau norma yang berlaku, tanpa membahayakan keamanan diri sendiri ataupun orang lain. 

Baca juga: Kenali dan pahami rekam jejak di era digital

Dunia online membuat masyarakat bisa terhubung dengan banyak orang di berbagai belahan dunia.Adanya internet juga bisa mempermudah masyarakat dalam mengakses informasi. 

Namun, tanpa disadari saat masyarakat menggunakan internet ada bahaya yang mungkin muncul.Manfaat internet, meliputi mencari informasi, mencari pengetahuan baru, komunikasi jarak jauh, serta wadah untuk menyalurkan kreativitas dan inovasi. 

Bahaya internet, meliputi kejahat atau kekerasan di internet, menguntit orang di internet, penipuan online, serta phising. 

Pentingnya internet sehat adalah dapat menjauhkan masyarakat dari ancaman-ancaman keamanan cyber. Karena dengan ber-Internet sehat, masyarakat akan lebih berhati-hati membagikan informasi dan data pribadi serta lebih bijak lagi dalam menggunakan internet. 

Pentingnya internet sehat, antara lain privasi dan informasi pribadi terjaga keamanannya,meminimalisir tindakan pembajakan akun, serta membuat masyarakat lebih nyaman dalam mengakses informasi. 

Cara berinternet sehat, meliputi tidak mudah memberikan informasi pribadi, bijak dalam berkomentar di internet, serta menyaring informasi dari internet.

Sementara Peneliti Bidang Seni Budaya dan Pariwisata di Beberapa Pusat Studi dan Lembaga Penelitian, Herman Widi karyanto, menyampaikan perubahan masa menuju era digitalisasi memunculkan perubahan habit secara signifikan.

Sebagai konsekuensi sangat dibutuhkan kemampuan berbasis penguasaan piranti digital terkait dengan beragam peluang kerja maupun bisnis serta edukasi yang sustainable serta visioner menuju peradaban modern dengan Hi tech sebagai media penunjang. 

Kemampuan digital, meliputi mendesain rancangan bangun suatu web, kemampuan app development, coding, serta pemasaran media sosial. Kecakapan digital, meliputi konten kreatif, optimalisasi aplikasi, akselerasi branding, selling point, serta jaringan enlharging.

Pembelajaran online, antara lain metode pembelajaran efektif terkini, pembelajaran menghibur, modern dan aktual, interaktif, fleksibel, serta mudah didokumentasikan. 

Sistem pengajaran digital baik melalui platform maupun portal online, diantaranya materi pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik atau pelatihan.

Dapat berkomunikasi secara langsung atau interaktif untuk mengkonsultasikan segala hal terkait sistem pembelajaran online.

Mudah, murah, bermanfaat, serta dapat memperbarui secara online serta real time berbagai sumber referensi maupun literatur pendukung materi pembelajaran dengan format digitalized. 

Edukasi modern, meliputi implementasi tepat sasaran, akselerasi kemampuan, ramah lingkungan, serta efisien.
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021