Dalam waktu dekat Pemerintah Kota Medan akan melakukan lelang terbuka untuk delapan jabatan eselon II atau pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang masih kosong sampai saat ini.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, mengatakan pengisian jabatan eselon II atau setingkat kepala dinas dilakukan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik.

"Ini mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa kita isi untuk menunjang kinerja Pemkot Medan yang lebih baik," kata dia di gedung DPRD Medan, Selasa (7/9).

Menantu Presiden Jokowi itu menegaskan pengisian jabatan eselon II harus melalui tahapan lelang terbuka. Bukan hanya jabatan yang kosong, jabatan pimpinan OPD yang pejabatnya dianggap tidak mampu juga akan dilelang.

Baca juga: Belanja daerah Pemkot Medan difokuskan lima hal ini

"Untuk lelang ada ketentuannya untuk eselon 2 setingkat kepala dinas itu akan dilelang. Yang kosong ataupun nanti yang kita anggap harus kita lelang," urainya.

Pengisian jabatan diakuinya harus berlandaskan kinerja yang baik. Ia tidak ingin asal menunjuk seseorang dengan alasan kenal ataupun yang dekat.

Bobby akan memilih jajarannya berdasarkan kinerja. "Pengisian ini harus melandaskan juga kinerja yang baik, bukan hanya asal tunjuk dan asal kenal. Tapi berdasarkan landasan kerja, tapi ini lagi kita susun untuk bisa mengisi semua jabatan yang masih belum terisi. Apalagi yang tugasnya itu berat di kedinasan tertentu. Jadi akan kita isi segera," jelasnya.

Untuk diketahui jabatan eselon II atau setingkat kepala dinas yang kosong diisi oleh Pelaksanaan Tugas (Plt). Bahkan ada beberapa jabatan yang sudah kosong lebih dari satu tahun.

Berikut daftar jabatan setingkat eselon II yang akan dilelang karena kosong:
1. Kepala Dinas Kesehatan
2. Sekretaris DPRD Medan
3. Kepala Dinas Kominfo
4. Inspektur
5. Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu
6. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga
7. Asisten Pemerintahan
8. Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Penataan Ruang.

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021