Bupati Tapanuli Selatan  Dolly P Pasaribu menyatakan peran Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) sangat penting dalam memberhasilkan peningkatan produktifitas petani pertanian sawah maupun perikanan. 

"Karenanya saya minta seluruh PPL agar betul-betul menyusun rencana program demi petani Tapsel," tegas Bupati kepada 150 PPL  Pertanian dan tiga PPL Perikanan di Tapsel, di Aula Sarasi Kantor Bupati Tapsel di Sipirok, Minggu (5/9) dalam rangka penyusun program PPL tahun 2022.

Menurut Bupati, PPL di lapangan hatus mampu memberikan solusi serta dapat menyelesaikan seluruh permasalahan-permasalahan di tingkat petani baik dalam budidaya padi sawah, perikanan dan lainnya. 

Baca juga: Masyarakat Batang Angkola Tapsel berburu tikus, seekor dihargai Rp500-Rp2.500

"Oleh karenanya jangan merasa cepat puas akan keberhasilan sesuatu, akan tetapi terus belajar dan belajar agar bagaimana komoditi pertanian Tapsel khususnya bisa terus meningkat termasuk kesejahteraan petani," jelasnya.

Sisi lain, Bupati menyarankan Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan untuk terus mendorong PPL serta pemangku kepentingan lainnya agar lebih giat menjadi agen perubahan ke tengah petani dengan tepat waktu dengan berbagai teknologi, sehingga petani merasakan betul manfaat PPL (Dinas Pertanian).

Menurut Bupati, dari segi produksi pangan pertanian Tapsel boleh di katakan baik. Namun perlu lagi di genjot agar produkfifitas bisa meningkat. Diperlukan teknologi-teknologi tepat guna agar kualitas dan kuantitas berbagai komoditi pertanian Tapsel bisa lebih meningkat dan berdayasaing termasuk pangsa pasarnya.

"Selain saya meminta seluruh stakeholder khususnya di bawah Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan agar dapat bekerja dengan tukus dan ihklas, secara tim, kompak dan menyatukan persepsi dengan tujuan tingkat kesejahteraan masyarakat (petani) ke deoan semakin baik apalagi dimasa pandemi COVID-19 saat ini," harap Bupati. 

Sementara di kesempatan itu Kadis Pertanian Tapsel Bismark Muaratua Siregar, menyatakan bahwasanya keberhasilan pihaknya dalam rangka upaya menyejahterakan petani tidak lepas peran PPL selama ini. Bismark juga berpesan agar PPL dapat merawat baik berbagai bantuan baik provinsi maupun pusat selama ini. 

Kadis Ketahanan Pangan Tapsel Efrida Yanti Pakpahan dalam kesempatan itu juga mengatakan agar PPL mampu mendorong teknologi dan perilaku petani Tapsel agar lebih tangguh dan modern.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021