Warga Kota Medan mengaku merasa lebih tenang dan nyaman dengan adanya kewajiban menunjukkan bukti vaksinasi COVID-19 melalui aplikasi PeduliLindungi saat hendak memasuki mal atau plaza.

"Dengan persyaratan itu saya jadi lebih tenang karena yakin mereka yang berada di mal sudah divaksin dan itu tentu mengurangi risiko terpapar COVID-19," ujar seorang pengunjung Mal Podomoro Medan, Reza Perdana, Rabu (25/8).

Dia juga mengaku tidak direpotkan dengan penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk membuktikan sudah divaksin sesuai persyaratan untuk bisa masuk mal.

"Sepanjang sudah vaksin dan data sesuai, tidak sulit buka aplikasi PeduliLindungi. Sekarang kan era digital," katanya.

Reza bahkan berharap kebijakan menunjukkan bukti vaksinasi bisa diterapkan terus agar pengunjung mal merasa nyaman.

"Untuk mempercepat penanganan COVID-19 masyarakat memang perlu ikut berpartisipasi seperti vaksinasi dan menjalankan prokes (protokol kesehatan)," ujar Reza yang mengaku tinggal di kawasan Binjai.

Marcomm Manager Plaza Medan Fair, Lenny Yun Manalu, menyebutkan, Plaza Medan Fair baru dibuka kembali sejak Rabu (25/8) dan memang menerapkan pengecekan vaksinasi terhadap pengunjung dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Saat ini masih tahap sosialisasi penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Sementara itu belum ada laporan soal permasalahan menyangkut persyaratan tersebut," katanya.

Berdasarkan data, ujar Lenny, jumlah pengunjung di Plasa Medan Fair memang belum banyak. Operasional plaza saat ini dibuka mulai pukul 10.00 hingga 20.00 WIB. 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021