Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta seluruh masyarakat setempat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk memutus penyebaran COVID-19.

"Terapkan prokes tanpa terkecuali, terlebih di lima kecamatan yang banyak penyintas COVID-19 dan isolasi lingkungan," ujar dia di Medan, Sumatera Utara, Rabu (11/8).

Sebanyak lima kecamatan tersebut, kata menantu Presiden Jokowi ini, yakni Medan Selayang, Medan Helvetia, Medan Johor, Medan Sunggal, dan Medan Tuntungan.

Baca juga: Pemkot Medan fokus penyekatan di lima kecamatan

Selain itu, lanjut dia, ada 23 lingkungan yang sedang menjalani isolasi lingkungan di tujuh kecamatan, meliputi Medan Helvetia, Medan Johor, Medan Tuntungan, Medan Tembung, Medan Polonia, Medan Area, dan Medan Timur.

"Di sana benar-benar kita pantau terus dan semuanya harus taat prokes. Kalau banyak pelanggaran, nanti bisa kita sekat semuanya lagi. Saya harapkan dan doa bersama agar penyintas COVID-19 terus menurun," ucap Bobby.

Baca juga: RSUD Pirngadi dan empat OPD diminta tingkatkan mutu pelayanan

Ia juga mengaku telah memerintahkan, mulai camat hingga kepala lingkungan, agar benar-benar bekerja di lapangan, sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan COVID-19.

Ia mengatakan terkait dengan pendataan vaksinasi yang merupakan tugas dari 2.001 kepala lingkungan di Kota Medan untuk warganya.

"Harus ada datanya. Warga yang sudah vaksin atau belum, itu kepling (kepala lingkungan) harus tahu ya. Pemetaan hingga lingkup terkecil terus kita lakukan," kata Bobby yang merupakan alumnus magister Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat itu.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021