Gempa yang berkekuatan 5,3 Magnitudo yang berpusat di Kabupaten Padang Lawas Utara sangat terasa hingga ke Kota Padangsidimpuan pada Rabu (11/8) pukul 12.23 WIB.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan melalui laman www.bmkg.go.id, gempa terjadi pada kedalaman 10 KM, lokasi gempa berada pada 10 kilometer barat daya Kabupaten Padang Lawas Utara. Sedangkan pusat gempa berada pada koordinat 0,43 LU – 99,48 BT.

Terpantau di seputaran Kota Padangsidimpuan tidak terjadi kerusakan terhadap bangunan dan korban jiwa.

Sementara itu, Dr Surono ahli geofisika Indonesia yang pernah menjabat sebagai Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang dihubungi ANTARA dari Kota Padangsidimpuan menjelaskan, itu gempa tektonik dari sesar aktif dilokasi tersebut.

Sumber gempa tidak besar dan di bawah 6 Magnitudo dan masuk dalam kategori gempa dangkal atau kurang dari 30 kilometer, tidak dirasakan secara meluas, dan tidak menimbulkan kerusakan alam yang berarti.

Tidak perlu takut kondisi gempa utama telah terjadi jika ada pun pasti akan terjadi gempa kecil tidak seperti yang barusan terjadi, ungkapnya.

Ketika ditanya apakah akan terjadi gempa susulan, Mbah Surono menjawab, "saya kira kecil kemungkinannya, itu sudah gempa utama," katanya. 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021