Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan, Sumatera Utara mulai melaksanakan penyuntikan vaksin COVID-19 "booster" atau dosis ketiga untuk tenaga kesehatan dengan menggunakan vaksin Moderna.

"Vaksinasi 'booster' COVID-19 ini dilakukan sesuai dengan instruksi pemerintah pusat menggunakan vaksin COVID-19 Moderna yang merupakan hibah dari Covax Facility, Amerika Serikat," kata Juru Bicara RSUP Adam Malik Medan Rosario Dorothy Simanjuntak melalui keterangan tertulisnya di Medan, Rabu (4/8).

Ia mengatakan vaksinasi dosis ketiga sudah dimulai sejak Senin (2/8) kepada 117 tenaga kesehatan yang bertugas di RSUP Adam Malik Medan.
 
Untuk tahap berikutnya, kata dia, tim vaksinasi COVID-19 RSUP setempat sudah menjadwalkan 300 tenaga kesehatan akan menjalani vaksinasi dosis ketiga hingga 7 Agustus 2021.

Baca juga: Kejaksaan Padangsidimpuan gelar vaksin kedua bersama masyarakat

"Pelaksanaan vaksinasi 'booster' ini sendiri ditargetkan akan selesai pada awal September 2021," ujarnya.

Ia memerinci 3.873 tenaga kesehatan RSUP Adam Malik Medan yang sudah menerima vaksin COVID-19 dosis kedua dan memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksinasi "booster".

Jumlah tersebut termasuk asisten tenaga kesehatan dan tenaga penunjang yang bekerja di rumah sakit tipe II A ini.

"Sedangkan alokasi vaksin Moderna yang diterima dari Kementerian Kesehatan RI sebanyak 280 vial untuk penyuntikan 3.920 dosis," ujarnya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021