Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Jimmy Chirstian Samma menegaskan, jajarannya siap mengawal dan mengawasi penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) PPKM Mikro tahun 2021 di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Hal itu ditegaskan Kapolres saat menghadiri penyaluran secara resmi Bantuan Sosial tahun 2021 Kabupaten Tapanuli Tengah, di Kantor Seksi Logistik Perum Bulog Sibolga, di Jalan Sibolga Padangsidimpuan, KM 4,5, Kelurahan Sarudik, Kecamatan Sarudik, Tapanuli Tengah, Rabu (28/7).

“Polres Tapteng siap mengawal dan mengawasi penyaluran bansos ini di setiap pelaksanaan pendistribusian, baik bantuan tunai maupun sembako oleh petugas kepada masyarakat penerima. Selain mengawasi dan mengawal, anggota kita juga nantinya akan tetap mengimbau penerima bantuan agar tidak berkerumun, dan tetap mematuhi prokes COVID-19,” ujarnya.

Baca juga: Pendapatan pedagang sarapan pagi menurun tipis selama PPKM Mikro

Penyaluran bantuan beras pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat tahun 2021 (BB-PPKM 2021) ini, dipimpin oleh Wakil Bupati Tapanuli Tengah, Darwin Sitompul.

Pada kesempatan itu Darwin menghimbau pihak PT. Pos Cabang Sibolga selaku pihak yang mendistribusikan bantuan, agar saat penyaluran bantuan berkoordinasi dengan pihak TNI dan Polri demi kelancaran dan keamanan penyaluran bantuan.

“Harus bekerja lebih keras agar penyaluran bantuan ini dapat berjalan dengan baik dan tidak menimbulkan kerumunan massa pada saat penyaluran,” pesan Wakil Bupati.

Ada pun bantuan yang disalurkan terdiri dari; Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 10.119 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bantuan Keluarga Penerima Manfaat Program Keluaraga Harapan (KPM-PKH) sebanyak 16.216 KPM. Maka total penyaluarah sebanyak 26.335 KPM.

Untuk jenis bantuan KPM/PKH Keluarga Penerima Manfaat Program Keluaraga Harapan berupa; Beras 10 Kg/KPM. Dan untuk Bantuan Sosial Tunai (BST) berupa; Uang tunai sebesar Rp600.000 dengan dua kali penerimaan masing-masing Rp300.000, ditambah beras 10 Kg/KPM.

Untuk pengambilan bantuan jenis BST dapat diambil di Kantor Pos Kecamatan yang ada diwilayah Kabupaten Tapanuli Tengah. Penyaluran KPM-PKH direncanakan akan disalurkan dengan cara langsung diantar oleh petugas pendamping PKH pada tiap-tiap desa dan kelurahan. Dan jadwal penyaluran bantuan dilaksanakan pada tanggal 27-31 Juli 2021.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021