Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu telah menyampaikan Ranperda (Rancangan Peraturan Daerah) RPJMD Kabupaten Tapsel 2021 - 2026 ke DPRD setempat.

Ranperda RPJMD (Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Tapsel 2021 - 2026 itu diserahkan Bupati melalui sidang paripurna pada Jumat (23/7), di Gedung Dewan di Sipirok yang dipimpin Ketua DPRD Husin Sogot Simatupang.

Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 telah mengamanatkan paling lambat enam bulan setelah kepala dan wakil kepala daerah dilantik sudah harus menyusun Ranperda RPJMD dan menyerahkannya ke DPRD. 

Baca juga: Bupati Tapsel: Selain guru peran orangtua penting dalam pertumbuhan anak

Disampaikannya, bahwa kerangka penyusunan RPJMD 2021 - 2026 sejalan dengan visi misi Pemkab Tapsel dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Tapsel Dolly Pasaribu - Rasyid Dongoran yaitu mewujudkan masyarakat cerdas, sehat dan sejahtera.

Beberapa kerangka penting dalam penyusunan RPJMD lima tahun ke depan untuk dapat merealisasikan visi tersebut. Paradigma pembangunan dari money follow function menjadi money follow program prioritas.  

Hingga merasionaliasi program kegiatan secara nomenklatur yang dinilai tidak bermanfaat dengan masyarakat. Prioritas pemulihan penanganan ekonomi. Mengingat dampak COVID-19 kondisi keuangan negara dalam keadaan tidak baik-baik saja.

Titik berat 5 tahun ke depan dalam RPJMD pada sektor pertanian, mengingat mayoritas usaha masyarakat Tapsel condong dari lahan pertanian. "Data statistik juga menunjukkan sektor pertanian menjadi kontributor terbesar penyumbang PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Tapsel," sebutnya. 

Sehingga pertanian menjadi tulang punggung (back bone) pembangunan Tapsel. Kedepan sektor pertanian tetap di arahkan untuk mendukung sektor-sektor lainnya. Termasuk bidang infrastruktur yang tetap mendorong pertumbuhan sektor pertanian. 

"Artinya kedepannya bagaimana pertanian tidak hanya sekedar produksi komoditi, tetapi lebih dari itu dapat menjadi pemicu sektor lain misal pariwisata, perdagangan serta UMKM dan sektor lainnya."

Sidang paripurna ini juga dihadiri Wakil Bupatai Tapsel Rasyid Assaf Dongoran, Wakil Ketua DPRD Tapsel Borkat, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Sekwan DPRD Darwin Dalimunthe, anggota DPRD dan pejabat eselon jajaran Pemkab Tapsel lainnya. 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021