Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu mulai tahun 2021 ini sudah mencanangkan Safari Kurban untuk setiap tahunnya.

"Tujuannya ibadah di samping untuk menyentuh ekonomi langsung masyarakat apalagi di tengah masa COVID-19," kata Dolly di Sipirok, Selasa (13/7).

Dikatakan, untuk safari keagamaan lainnya seperti Safari Ramadhan, Safari Muharram, Safari Isra Mikraj dan Safari Maulid sudah berjalan baik selama ini. 

"Tujuan lain safari adalah dalam rangka mendekatkan hubungan antara pemerintah dan masyarakat sekaligus menampung aspirasi masyarakat," katanya. 

Baca juga: Terkonfirmasi positif COVID-19 Tapsel sentuh angka 570 orang

Menurut Dolly, apabila sinergitas antara pemerintah dan masyarakat sudah terbangun baik, dampaknya akan positif ke program pembangunan.

"Tanpa dukungan penuh masyarakat program pembangunan apalagi mewujudkan visi misi akan sulit tercapai. Kuncinya kekompakan (saling mendukung)," ujarnya.

Safari kurban ini terwujud berkat dorongan dan motivasi Bupati kepada para petinggi Pemkab Tapsel mulai dari Wakil Bupati Sekda, Asisten, Kadis, Kabag, Kaban, Kalaksa, Camat.

"Setelah pengalaman Hari Raya Kurban Tahun 2020 lalu berkeliling Tapsel timbul pemikiran. Lalu mengajak rapat staf. Alhamdulillah para ASN atau PNS sangat mendukung untuk diadakan safari kurban," katanya. 

Sasaran hewan kurban hasil bersama itu nantinya di distribusikan ke daerah-daerah yang dinilai layak untuk di serahkan atau ekonomi warganya menurun apalagi terdampak pandemi COVID-19.

Sementara Pl.Kabag Kesra Tapsel, Cos Riady kepada ANTARA menginformasikan hingga Selasa 13 Juli 2021 dana yang sudah terkumpul dalam Safari Kurban dari petinggi-petinggi Pemkab Tapsel bila diakumulasikan sudah untuk delapan ekor sapi.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021