Kepala Lembaga dan Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah Sumut, Prof Ibnu Hajar mengatakan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) sebagai kampus swasta menjadi barometer dalam pengembangan pendidikan di daerah itu.

"Kami berharap peran serta UMSU untuk ikut melakukan pembinaan akademik karena masih banyak kampus yang menyedihkan nasibnya," katanya saat memberikan sambutan pada pengukuhan Prof.Dr. Elfrianto, MPd di kampus pascasarjana UMSU Medan, Kamis (8/7).

Ia mengatakan sebagai kampus swasta, UMSU telah membuktikan kualitas dan prestasi sebagai universitas yang terakreditasi A. Tantangan UMSU saat ini adalah bagaimana menjaga indikator kinerja utama.

Baca juga: UMSU-UPSI Malaysia komitmen lanjutkan kerja sama

Yang harus dilakukan, kata dia, bagaimana UMSU menghasilkan lulusan yang memiliki multi kompetensi. Jangan ada lagi muncul dalam pikiran lulusan hanya ingin menjadi PNS.

Globalisasi telah membuka peluang bagi para lulusan perguruan tinggi untuk mampu berkiprah di luar negeri, Singapura, Thailand sampai Amerika.

Wacananya harus dibuka agar mahasiswa merasa cukup memiliki pemahaman lebih luas dalam mengasah kemampuan.

Berikutnya menyangkut pengelolaan perguruan tinggi, bagaimana mengembangkan kualitas SDM melalui magang dosen, atau magang mahasiswa. Saat ini, perguruan tinggi hebat adalah yang punya banyak kerja sama.

Baca juga: FISIP UMSU bekali empat tim mahasiswa yang Lolos PKM Nasional

Kampus juga diharapkan bersikap lebih terbuka menerima dosen dengan kemampuan khusus atau praktisi. Keberadaan praktisi dari luar perlu guna lebih mengembangkan kemampuan dan memperkenalkan mahasiswa kepada dunia kerja.

"Jangan tutup diri dari orang berkemampuan khusus. Riset merupakan satu hal perlu dikembangkan dengan menggandeng lembaga swasta atau pemerintah. Salurkan hasil riset untuk bisa bermanfaat melalui pemkot atau pemkab," katanya.

Pengukuhan guru besar dipimpin langsung Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani yang dalam kesempatan itu mengatakan penambahan guru besar seiring dengan peta jalan yang sudah disusun.

Diharapkan dalam waktu dekat akan menambah 5 guru besar lagi. Jumlah jabatan Lektor Kepala dilingkungan UMSU saat ini ada sebanyak 52 orang dan jabatan Lektor ada 21 orang.

"Beberapa tahun ke depan diharapkan UMSU akan memiliki cukup banyak guru besar," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021