Lima mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil lolos pada ajang Indonesian Internasional Student Mobility Award (IISMA) 2021 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin di Medan, Kamis (1/7), mengatakan Program IISMA merupakan beasiswa program pertukaran mahasiswa untuk S1 dari semua jurusan.

Ia menyebutkan, melalui program ini, mahasiswa yang lolos seleksi akan mendapatkan pengalaman belajar langsung di universitas ternama di luar negeri.

Baca juga: 96 calon direksi tiga perumda Kota Medan ikuti penilaian di USU

Mahasiswa yang lolos bukan hanya belajar di dalam kelas, tapi juga akan mempelajari budaya setempat selama satu semester pada Agustus-Desember 2021. SKS yang diambil pada saat program ini akan ditransfer dan diakui oleh UEU.

"Ini tentu saja suatu kebanggaan dan suatu prestasi positif yang harus ditingkatkan mahasiswa-mahasiswa kita yang lain," ujarnya.

Muryanto berpesan kepada lima mahasiswa yang akan belajar keluar negeri itu untuk memanfaatkan kesempatan yang telah didapat."Tidak semua mahasiswa mendapatkan kesempatan emas ini, jadi manfaatkanlah dengan sebaiknya," ucap dia.

Baca juga: Polisi tetapkan Guru Besar USU Prof Yusuf Henuk tersangka UU ITE

Sementara itu, lima mahasiswa yang berhasil lolos, yakni Threesna Sharfina dari Fakultas Kesehatan Masyarakat yang akan belajar di University of Glasgow, Scotland, Holong TL Sitorus dari Fakultas Hukum yang belajar di University of Pecs, Hungaria.

Kemudian Alyssa Nadia dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang akan belajar ke Nanyang Technological University, Singapore, Rut CP Sianipar dari Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi yang belajar di University of Lumerick, dan Arafah Nur Ihza juga daroi Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi yang belajar ke University of Leicester, Inggris.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021