Pemkab Serdang Bedagai, Sumatera Utara, berkomitmen akan menjadikan Pulau Berhala yang berbatasan dengan Selat Malaka sebagai destinasi wisata unggulan.

Hal itu disampaikan Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya, di Seirampah, Rabu, terkait diterimanya izin pemakaian kawasan hutan untuk jalan umum dan jalan wisata dari Kementrian Kehutanan yang diserahkan oleh Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah I Medan.

Pulau Berhala merupakan salah satu pulau terluar dan menjadi prioritas wilayah perbatasan.

"Secara administrasi, Pulau Berhala berada di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, sehingga pembangunannya tidak hanya terfokus di pulaunya, melainkan peningkatan dan pengembangan akses menuju ke Pulau Berhala," katanya.

Baca juga: Pemkab Sergai dukung program berantas stunting

Sementara Wakil Bupati Serdang Bedagai, Adlin Umar Yusri Tambunan, di kesempatan yang sama mengatakan, sesuai RTRW Serdang Bedagai, tahun 2013-2033, mendukung penetapan Pulau Berhala sebagai kawasan strategis bidang pertahanan dan keamanan.

Serta pariwisata yang berwawasan lingkungan seperti penangkaran penyu, terumbu karang dan jenis burung migran.

Untuk mendukung pengembangan Pulau Berhala, pihaknya berencana membangun jalan umum sekaligus jalan wisata dan akses menuju pelabuhan laut di Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin.

"Alhamdulillah kita bersyukur, surat persetujuan penggunaan hutan alam primer dikawasan hutan lindung seluas 0,86 Hektar sudah keluar. Kita akan upayakan semaksimal mungkin agar jalan yang dibutuhkan itu segera dibangun," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021