Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengatakan wilayahnya yang memiliki 42 desa di empat kecamatan akan optimis produktif dengan menggunakan dana desa.

"Sangat optimis akan ada desa-desa yang bisa mengembangkan desanya dengan baik dan produktif," ucap Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Jum'at (18/6). 

"Pemerintah kota akan terus dorong desa-desa di sini untuk mengembangkan potensinya. Kita akan bantu mereka. Seperti yang dikatakan Pak Gubernur pemerintah desa yang menjadi pondasi Sumut, lebih bermartabat" kata Irsan Efendi Nasution.

Baca juga: Kepala Desa harus produktif menggunakan dana desa Rp 1 miliar

Menurut Kadis PMD Pemkot Padangsidimpuan Syafaruddin Harahap, Padangsidimpuan yang memiliki desa-desa sudah memulai mengembangkan potensinya, misalnya Desa Hutapadang, Joring Lombang dan Natobang, Sabungan, Hutalimbong dan beberapa desa lainnya. Sudah ada 31 dari 42 desa yang saat ini  fokus mengembangkan potensi daerahnya, tetapi masih dalam tahap awal.

Contoh Desa Hutapadang dan beberapa desa di Kecamatan Angkola Julu adalah daerah Berastaginya Padangsidimpuan, jadi mereka selain wisata juga hasil pertanian seperti sayur, bawang dan lain-lain. Ditempat lain kita akan coba wisata sawah," kata Syafaruddin.

Berbeda dengan desa di Kecamatan Angkola Julu, Kades Hutapadang Ihwanuddin Siregar menyampaikan saat ini fokus meningkatkan produksi salak. Masyarakat di sana terus dilatih untuk memelihara tanaman salak dengan benar untuk mendapat hasil maksimal. Selain itu, mereka bersama BUMdes juga melatih masyarakat mengolah salak menjadi bahan makanan dan minuman agar bisa dijual dengan harga lebih tinggi.

"Kita mengedukasi masyarakat agar memelihara dan membudidayakan salak dengan baik. Kita juga sedang menggalakkan pengolahan salak menjadi barang jadi seperi dodol, keripik, manisan, kopi dan lainnya," ucap Ihwanuddin.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021