Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Langkat dalam melaksanakan program bersinergi dengan visi misi Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin dan Wakil Bupati H Syah Afandin SH.

Hal itu disampaikan Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Langkat Drs Syahrizal MZ, saat bertemu dengan FPK Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (16/6).

Dimana implementasi dari visi misi Bupati Langkat diantaranya adalah mendorong agar masyarakat Langkat terus hidup berdampingan diantara suku, agama dan ras antar golongan dengan rukun dan damai.

Selain itu juga mengajak  masyarakat, menjaga dan memelihara kemajemukan/kebhinnekaan sebagai modal besar pembangunan Langkat, dengan tetap bahu mambahu menjaga persatuan dan kesatuan.

Baca juga: Polres Langkat tangkap Her warga Tanjung Pura tersangka pencabulan anak

Syahrizal, MZ juga menyampaikan kepada pimpinan FPK Kota Batam ada empat tugas utama dari FPK Kabupaten Langkat yaitu menjaring aspirasi masyarakat di bidang pembauran kebangsaan, menyelenggarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku dan masyarakat.

Selanjutnya menyelenggarakan sosialisasi kebijakan yang berkaitan dengan pembauran kebangsaan dalam rangka penguatan organisasi dan merawat Kebhinnekaan dan Pembauran Kebangsaan serta merumuskan rekomendasi kepada Bupati Langkat sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan pembauran kebangsaan.

Hal itu sesuai Permendagri Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan di Daerah.

Syahrizal MZ menjelaskan adapun tugas FPK Langkat yang telah dirumuskan 10 program kerja yaitu pengembangan organisasi, peningkatan ideologi kebangsaan, pengembangan nilai sosial antar etnis, pendidikan nilai-nilai kebangsaan, peningkatan pemahaman adat istiadat dan kearifan lokal, penyebarluasan pembauran kebangsaan, serta peningkatan sarana dan prasarana kegiatan pembauran.

Pada kunjungan FPK Langkat ke FPK Kota Batam itu disambut Kaban Kesbangpol Kota Batam Riama Manurung SH MH, serta Ketua FPK Kota Batam Muhammad Rudi yang juga Wali Kota Batam diwakili Ketua Harian Makmur.

Sementara dari FPK Langkat selain dirinya juga ikut mendampingi Kesbangpol Faisal Badawi, Staf Khusus Bupati Sedar Sembiring, SH, MH, Kasi Eksosbang Sri Antarita Barus, Puan Maharani Matondang, Khairuddin AW S.Pd, Heri Widiyanto, Muhammad Japar.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021