Untuk 24 jam terakhir perkembangan positif COVID-19 di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mengalami lonjakan. Betapa tidak, Satuan Tugas (Satgas) mencatat ada pertambahan enam pasien positif COVID-19 hari ini, Rabu (9/6).

"Sejak masa pandemi total positif sudah tercatat 381 kasus, dimana sehari sebelumnya tercatat 375 kasus," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Tapsel, Sofyan Adil kepada ANTARA, Rabu (9/6) malam. 

Sebaliknya pasien sembuh selama pandemi  menjadi 344 kasus setelah sehari sebelumnya pasien sembuh bertambah satu kasus. Sedang pasien dengan suspek dari dua kasus menjadi tiga kasus dan pasien probable tercatat tiga kasus. 

Baca juga: Bupati Tapsel mengaku miris dengar iuran BPJamsostek perangkat desa belum dibayar

"Petugas puskesmas 15 kecamatan se Tapsel terus dalam laporannya terus melakukan pelacakan. Hari ini yang kontak erat terlacak bertambah 100 orang menjadi total 570 orang," tambahnya. 

Bagi yang kontak erat oleh dinas kesehatan dilakukan test swab antigen dan sambil menunggu hasilnya apakah positif negatif. "Bila positif wajib isolasi," katanya. 

Selama masa pandemi juga yang sudah meninggal dunia dengan konfirmasi berjumlah 11 kasus dan meninggal dengan probable tercatat dua kasus. 

"Kiranya masyarakat tidak abai protokol kesehatan upaya terhindar penularan penyebaran wabah penyakit COVID-19 yang semakin melonjak di daerah ini," tegasnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021