Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P. Pasaribu mengaku miris ketika mendengar iuran BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek perangkat desa masih ada yang tertunda pembayarannya.

"Itu kan sudah hak mereka (perangkat desa), kalau bisa jangan ditunda," harap Bupati disela pembekalan perangkat desa se Muara Batang Toru di Kantor Camat Muara Batang Toru, Tapsel, Senin (7/6).

Pasalnya pelunasan iuran BPJS Ketenagakerjaan itu penting sebagai bagian untuk memberikan perlindungan peserta (perangkat desa) selama menjadi peserta. 

"Seandainya terjadi hal-hal tidak diinginkan seperti kecelakaan kerja bahkan hingga meninggal? sementara iuran belum terlunasi. Bagaimana nantinya ke ahli warisnya?" tanya Bupati. 

Bupati menyinggung itu setelah mendapat adanya laporan dari Kadis Ketenagakerjaan Tapsel bersama staf BPJamsostek terkait tertundanya pembayaran iuran sejumlah perangkat desa.

"Kiranya para kepala desa melunasi iuran  BPJS Ketenagakerjaan perangkat desanya kalau ada yang tertunda. Anggaran kan sudah ada melalui ADD (Anggaran Dana Desa)," tegas bupati. 

Selain itu, bupati, menekankan kepada seluruh perangkat desa agar lebih kreatif dan inovatif  termasuk bidang komputer untuk membantu menyukseskan tugas para kepala desa khususnya pada bidang administrasi desa.

"Saya juga minta agar seluruh kantor pelayanan masyarakat baik kecamatan-desa/kelurahan melengkapi papan informasi atau papan diagram. Tujuannya memudahkan akses informasi kepada masyarakat. Termasuk pengumuman pengurusan bentuk ijin dan administrasi lain sekaligus biayanya. Harus transparan, jangan ada ditutup-tutupi. Arahan Ombudsman RI demikian halnya," tambah Bupati. 

Tidak lupa juga bupati, mengajak seluruh perangkat desa maupun kelurahan agar menjadi motor penggerak mengajak masyarakat luas agar mematuhi protokol kesehatan upaya menghindari penularan dan penyebaran COVID-19.

Kegiatan ini dihadiri Kadis Pemerintahan Masyarakat dan Desa (PMD) Muhammad Yusuf yang pada pembukaan, menjelaskan kegiatan dilaksanakan dalam rangka memperkuat tugas-tugas dan peran perangkat desa ke depan.

Hadir juga Kadis Pariwisata Tapsel Abdul Saftar Harahap, Kadis Sosial Tapsel Nurdin Pane, Camat Muara Batang Toru Abdul Gani Lingga, Lurah dan Kepala Desa se Muara Batang Toru.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021