Sejumlah organisasi kepemudaan yang ada di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) meminta kepada perusahaan pembangkit listrik tenaga uap panas bumi PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) untuk menjalin sinergitas dengan kalangan kepemudaan.

Permintaan tersebut disampaikan Sekretaris DPD Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kabupaten Madina, Muhammad Syafril dan sejumlah pengurus organisasi kepemudaan lainnya kepada wartawan, Sabtu 5/6).

Ia menyebut, permintaan ini juga telah disampaikan sejumlah pengurus organisasi kepemudaan lainnya kepada manajemen perusahaan secara langsung pda baru-baru ini.

Baca juga: MK tolak gugatan Dahlan - Aswin di Pilkada Madina

"Pada pertemuan itu kita menekankan beberapa hal yang utamanya adalah safety yang sesuai SOP. Kita meminta supaya kesalahan kemarin tidak terulang lagi," ujarnya.

Mengingat pembangkit listrik tersebut merupakan salah satu proyek strategis nasional tentu manfaatnya harus lebih nyata lagi bagi kepentingan masyarakat luas.

"Manfaat SMGP harus lebih nyata bagi masyarakat, baik dari segi pembukaan lapangan kerja bagi warga lokal, menggenjot program di bidang pertanian, dan pembinaan lainnya kepada masyarakat dan pemuda. Dalam pertemuan itu pihak perusahaan setuju dan siap kerjasama dengan pengusaha lokal begitu juga dengan kepemudaan," kata Syafril 

Sementara itu, Ketua Pemuda LIRA Madina, Bobby Burhansyah berharap agar kehadiran perusahaan bisa saling menguntungkan antara pihak perusahaan dengan kepemudaan yang ada di Kabupaten Madina.

"Dan pihak perusahaan kami lihat welcome bekerjasama simbiosis mutualisme saling memberi manfaat dengan kepemudaan. Perusahaan tidak menjanjikan apapun, tapi mereka berharap kita ikut berkontribusi karena ini proyek strategis nasional," sebutnya.

Senada juga disampaikan Ketua Pemuda Tani, Ahmad Riski Pane. Menurutnya belum ada program yang disepakati antara pemuda tani dengan perusahaan SMGP.

"Pertemuan kami hanya masih sekedar silaturahmi dan bertukar pendapat dengan manajemen perusahaan. Mereka siap ber-kolaborasi untuk mewujudkan program yang bermanfaat terkhusus bagi masyarakat yang berada di wilayah kerja perusahaan. Dan kami berharap program nanti bisa menyentuh bidang pertanian yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani," kata Riski.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021