Pada H+1 Hari Raya Idul Fitri 1442 H situasi arus lalu lintas di Jalur Lintas Sumatera (Jalinsum) di Wilayah Tapanuli Selatan (Tapsel) terpantau lancar hingga malam hari. 

Pantauan ANTARA, Jumat (14/5) malam, terlihat hilir mudik kendaraan yang melaju di ruas Jalinsum Padang Sidempuan - Sipirok tidak ada kendala atau kemacetan berarti. 

Lancarnya arus lalu lintas tersebut dampak tidak begitu ramainya kendaraan diduga diakibatkan adanya penyekatan atau larangan mudik oleh pemerintah guna menghindari pandemi COVID-19.

Baca juga: Idul Fitri hari kedua, kasus positif COVID-19 di Tapsel menurun

Sementara Sekretaris Satpol PP Tapsel, Jhonni Gumansi yang mendapat laporan dari anggotanya di lapangan juga menyatakan arus lalu lintas di tiga koridor jalan nasional si wilayah tersebut dalam keadaan lancar. 

"Bahkan petugas penyekatan mudik di empat Pos Penjagaan di wilayah ini sejak pagi hingga sore dan malam ini tidak ada yang menyuruh putar balik kendaraannya," katanya. 

Memang puluhan kendaraan yang melintas di Pos Pengamanan diperiksa petugas gabungan dan tidak ada diputar balik kecuali test suhu tubuh bagi sejumlah pengemudi maupun penumpang. 

Baca juga: Patut dicontoh! Hasil jasa kebersihan dan budidaya ikan NNB Aek Libung untuk santunan anak yatim

"Hanya saja tidak ada yang diputar balik. Dari empat titik Pos Pengamanan dalam Operasi Ketupat Toba 2011 petugas nihil memutar balik kendaraan," katanya. 

Selain itu petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Kesehatan dibantu Pramuka melakukan imbauan protokol kesehatan. 

"Laporan dari pos Aek Sojornih, Sayur Matinggi,  Batu Jomba, Sipirok, Pal XI, Angkola timur lalu lintas terpantau lancar malam ini hingga hingga sampai sekira pukul 09.30 WIB. Bahkan pos Parsariran, Batang Toru lancar sepi kendaraan," kata Jhonni. 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021