Satuan Brimob Polda Sumatera Utara mengerahkan personel bersenjata lengkap untuk mengamankan pos penyekatan di perbatasan, guna mendukung keputusan pemerintah terkait pemberlakuan larangan mudik pada momentum liburan Lebaran 2021.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Sumut Kombes Pol Suheru, Jumat mengatakan, penempatan personel Brimob di pos penyekatan tersebut, untuk menjaga keamanan para personel polisi, dinas perhubungan serta anggota dinas terkait yang bertugas.

Sebab, kata dia, saat ini ancaman terorisme masih belum juga selesai.

"Penempatan Brimob bersenjata berdasarkan arahan dari bapak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait pelaksanaan Operasi Ketupat dalam rangka menegakkan larangan mudik Lebaran," ujarnya.

Baca juga: Polda Sumut apel gelar pasukan pengamanan Idul Fitri 2021

Dari hasil pantauan hari pertama larangan mudik, lanjut dia, secara keseluruhan berjalan aman dan kendaraan yang tidak masuk dalam kategori boleh melintas sudah diminta putar balik ke daerah asal.

"Ini menjadi bukti masyarakat bekerja sama dan memahami kebijakan peniadaan mudik Lebaran, ini berkat sosialisasi terus-menerus di media ataupun media sosial," katanya.

Ia mengatakan bahwa personel Brimob yang diturunkan di posko penyekatan perbatasan ada di sejumlah titik.

"Ada di Deli Serdang, ada juga mengisi pos penyekatan di perbatasan Provinsi Sumut dengan Riau, maupun Sumut dengan Aceh," katanya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021