Kepala Kantor Wilayah Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kanwil I Medan Ramli Simanjuntak meminta masyarakat tidak khawatir terhadap ketersediaan daging sapi dan ayam karena stok cukup aman.

"Hasil sidak ke feedloter (kandang penggemukan sapi) di beberapa wilayah Sumut, KPPU memastikan ketersediaan daging sapi dan ayam potong mencukupi untuk kebutuhan Lebaran. Jadi konsumen tidak perlu khawatir, " ujarnya di Medan, Rabu (28/4).

Konsumen juga tidak perlu khawatir soal harga karena pengusaha daging sapi dan ayam memastikan harga komoditas itu di kandang juga normal.

Baca juga: Bulog Sumut bersiap tambah stok daging kerbau beku 28 ton

Hasil pantauan di kandang sapi milik PT Juang Jaya Abadi yang berlokasi di Talun Kenas Kabupaten Deliserdang terdapat 1.300 ekor sapi dengan berat rata-rata 450 kg/ekor.

Di kandang feedloter lainnya seperti PT Indofarm Sukses Makmur dan PT Lembu Andalas Langkat, juga dipastikan bahwa pasokan daging sapi mencukupi hingga Juli 2021.

Harga daging sapi di kandang juga mash normal Rp48.000 per kg.

Baca juga: Stok dan harga kebutuhan pokok selama Ramadhan di Medan relatif aman

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir dengan pasokan daging sapi dan ayam," katanya.

Ramli menyebutkan, saat ini, pasar daging sapi lokal bersaing ketat dengan daging impor.

"Persaingan semakin ketat karena permintaan masih rendah akibat pandemi CIVID-19," ujar Ramli.

Melihat ketersediaan mencukupi dan harga di kandang tetap normal, KPPU mengingatkan pedagang untuk tidak berspekulasi menaikkan harga jual saat mendekati Lebaran.

‌"Jangan sampai pedagang terjerat dengan sanksi hukum bagi pelanggar UU No 5 Tahun 1999 tentang persaingan usaha tidak sehat," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021