Sebanyak 2.700 personel PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara disiagakan menyambut bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 2021 agar umat muslim dapat beribadah dengan tenang dan nyaman.

"Selain itu 2.672 personel Pelayanan Teknik, 222 Posko Siaga, dan juga 50 personel PDKB tersebar di seluruh wilayah kerja PLN UIW Sumut siaga menjaga 488 penyulang yang menyuplai listrik ke rumah pelanggan," kata General Manajer PLN UIW Sumut Pandapotan Manurung, di Medan, Rabu (7/4).

Ia menyebutkan, PLN juga menyiapkan infrastruktur pendukung, mulai dari 97 unit genset mobile, 9 unit UPS, dan 59 unit gardu bergerak untuk mengantisipasi gangguan yang mungkin terjadi pada sistem jaringan PLN.

Baca juga: PLN pulihkan pasokan listrik di Kabupaten Samosir

"Sub Sistem Sumatera Utara diperkirakan memiliki cadangan 20 persen dari beban puncak pada April 2021. Meskipun cadangan cukup, kita tidak boleh lengah. Kehandalan jaringan dan kesiapan personel yang mumpuni harus kita perkuat," ujarnya.

Pandapotan mengatakan, setiap peralatan yang digunakan petugas di lapangan harus lengkap dan aman untuk digunakan. Dia juga mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan dan keselamatan kerja saat bertugas melayani pelanggan.

"Kondisi cuaca yang tidak menentu dan cenderung ekstrem membuat kita harus selalu siaga dan waspada. Pastikan bahwa jaringan PLN aman dan tidak membahayakan pelanggan," katanya.

Ia juga berpesan kepada seluruh pegawai dan petugas di lapangan, di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini, seluruh petugas tetap memperhatikan pentingnya protokol kesehatan. Terlebih teman-teman PDKB dan Pelayanan Teknik yang selalu bekerja di tengah risiko yang tinggi.

"Dengan persiapan yang baik diharapkan PLN UIW Sumut dapat memberikan pelayanan terbaik untuk seluruh pelanggan di Sumut, khususnya umat muslim yang menjalani ibadah Ramadhan dan Idul Fitri 2021," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021