Pemerintah Kabupaten Deli Serdang di Provinsi Sumatera Utara mengerahkan 3.805 petugas untuk melakukan pendataan keluarga.

"Untuk calon keluarga yang kita sasar sudah dipersiapkan ada 514.914 keluarga dan untuk kader pendata sebanyak 3.805 orang," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Deli Serdang Miska Gewasari di Lubuk Pakam, Sabtu (3/4).

Pendataan keluarga, menurut dia, dilaksanakan selama dua bulan mulai dari 1 April sampai 31 Mei 2021 dengan metode wawancara langsung. Dalam hal ini, pendataan keluarga dilakukan berdasarkan domisili.

Baca juga: Pemkab Deli Serdang ajak masyarakat budayakan gerakan pilah sampah

"Kami optimistis program pendataan keluarga ini berjalan dengan baik. Apalagi kader yang diturunkan sebelumnya juga mendapatkan bimbingan teknis," kata Miska.

Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengajak warganya mendukung program Pendataan Keluarga Tahun 2021. 

"Data tersebut akan sangat membantu pemerintah dalam menetapkan kebijakan pembangunan," katanya.

Baca juga: Deliserdang fokus empat sektor pembangunan

Hasil pendataan keluarga, ia menjelaskan, akan menjadi dasar pemerintah dalam merancang program-program pembangunan.

"Tanpa dukungan data yang valid dan akurat, tentu saja hasilnya tidak sebaik yang diharapkan. Sebaliknya, dengan tersedianya data masyarakat, pemerintah bisa merancang program yang lebih baik dan hasilnya tentu untuk kebaikan masyarakat itu sendiri," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021