Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung Leonard Silalahi melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Muhammad Nurdin Tanjung mengungkapkan, pihaknya menggelar pemeriksaan kesehatan atas 241 warga binaan demi mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Sebanyak 241 warga binaan Rutan Kelas IIB Tarutung menjalani pemeriksaan kesehatan oleh dr Ridwan Damanik dari Rumah Sakit Umum Daerah Tarutung yang didampingi petugas kesehatan Rutan, Veronika Sinaga," ungkap Nurdin, Selasa (30/3).

Dikatakan, kegiatan tersebut dilakukan demi mengantisipasi berbagai penyakit yang timbul di masa pandemi, termasuk penyebaran virus COVID-19.

Baca juga: Kejari Taput imbau pentingnya vaksinasi tanggulangi pandemi COVID-19

"Hasil pemeriksaan yang kita gelar semalam, dari 241 WBP, terdapat sejumlah warga binaan yang mengeluhkan gatal-gatal dan batuk yang segera menerima perawatan di klinik Rutan untuk menghindari penularan ke sesama penghuni kamar," sebutnya. 

Selain itu, untuk mengantisipasi penyakit ringan yang sering dikeluhkan, petugas kesehatan juga menyarankan WBP agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama kamar hunian dan kamar mandi agar tercipta lingkungan yang sehat. 

"Kita juga kembali membagikan vitamin C dan masker agar warga binaan memiliki daya tahan tubuh yang baik guna menangkal serangan virus corona yang sedang marak di Indonesia," tukas Nurdin.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021