Pertanian memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perekonomian Indonesia dan menyumbang persentase yang signifikan untuk lapangan pekerjaan di tingkat nasional. Di tengah pandemi sawit terbukti tangguh dalam memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia. Bagaimana Sinar Mas Agribusiness and Food menerapkan praktik yang berkelanjutan dalam menghadirkan bahan pangan dan bahan bakar untuk dunia secara bertanggung jawab?

 

Berdiri sejak 1983, perkebunan kelapa sawit milik Sinar Mas Agribusiness and Food di Sumatera Utara merupakan kebun yang paling tertua didirikan.  Berbagai perubahan yang lebih baik juga tampak seperti kondisi lahan kebun kini telah melalui proses konservasi tanah yakni pembuatan terassering pada lahan lereng dan perbaikan drainage pada areal rendahan. Selain itu sebagian lahan menjadi area dengan Nilai Konservasi Tinggi yang tidak lagi dilakukan penanaman kelapa sawit dan kemudian dikembangkan area kebun lainnya di Desa Pernantian, Desa Silumajang, dan Desa Bulungihit.

Salah satu hal yang membedakan kebun ini dibandingkan dengan kebun milik Sinar Mas Agribusiness and Food di area lainnya adalah kehidupan sosial dan budaya masyarakat yang begitu kental. Sebagian besar masyarakat yang kemudian menjadi karyawan perusahaan memiliki latar belakang kehidupan perkebunan secara turun temurun. Mereka sudah mengenal berbagai jenis pekerjaan di kebun sawit sehingga lebih mudah bagi mereka untuk memahami dan melakukan berbagai pekerjaan di lapangan. 

 

Tak hanya tentang produksi kelapa sawit berkelanjutan, perusahaan juga menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kehidupan karyawan dan masyarakat di Sumatera Utara. Beberapa di antaranya adalah fasilitas kesehatan berupa poliklinik; fasilitas olahraga berupa lapangan sepakbola; fasilitas pendidikan berupa sekolah-sekolah dari tingkat TK hingga SMP, bus sekolah gratis, dan Rumah Pintar; fasilitas ibadah berupa masjid dan gereja; fasilitas keluarga berupa Balai Penitipan Anak di setiap unit kerja; fasilitas sosial berupa balai pertemuan; dan fasilitas listrik berupa bantuan pulsa listrik PLN.

Keberlanjutan adalah DNA Sinar Mas Agribusiness and Food

Keberlanjutan merupakan bagian tak terpisahkan dari bisnis kelapa sawit Sinar Mas Agribusiness and Food. Perusahaan memahami bahwa keberlangsungan industri kelapa sawit yang berkelanjutan memerlukan pendekatan konsisten dan holistik. Kebijakan Sosial Dan Lingkungan GAR (GSEP) perusahaan yang diterapkan sejak 2015 mencakup kebijakan Konservasi Hutan, Kebeperanan Sosial dan Komunitas, dan Peningkatan Hasil Panen.

Truk mengangkut Tandan Buah Segar dan dikirim ke pabrik dalam waktu kurang dari 24 jam untuk menjaga kualitas sawit. (ANTARA/HO)

Sinar Mas Agribusiness and Food menyediakan lapangan kerja bagi sekitar 171.100 orang di Indonesia termasuk 70.300 petani plasma yang sebagian besar tinggal dan bekerja di wilayah pedesaan di sekitar perkebunan kelapa sawit dan fasilitas produksi kami. Perusahaan juga berperan dalam pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan. 

 

Ingin berkontribusi bagi negeri melalui industri sawit berkelanjutan? Tahun ini kami kembali membuka program beasiswa untuk generasi muda yang penuh semangat dan memiliki minat dalam bidang agribisnis. Pendaftaran program beasiswa Sinar Mas Agribusiness and Food 2021 dibuka mulai dari 4 Januari- 31 Maret 2021. Ayo kejar mimpi Anda bersama kami! Untuk informasi selengkapnya dan daftar sekarang, klik di sini.

 
Infografis Smart, Tbk (ANTARA/HO)

 

Pewarta: Rilis

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021