PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) menyerahkan bantuan 50 pelampung kepada puluhan nelayan sekitar lokasi perusahaan penghasil alumunium batangan (ingot) di Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara.

Manager Pemberdayaan Masyarakat Inalum (Persero), Ali Hasian di Kuala Tanjung, Batu Bara, Jumat, mengatakan, bantuan tersebut diberikan dalam rangka bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) nasional pada 12 Januari - 12 Februari 2021.

Baca juga: 45 tahun hadir untuk Sumut, INALUM resmikan gedung perkantoran 8 lantai pertama

"Bantuan ini, merupakan salah satu bagian aksi sosial bulan K3 yang dilaksanakan Inalum. Semoga dengan adanya bantuan ini dapat meminimalisir risiko kecelakaan nelayan ketika sedang bekerja di laut," tutur Ali.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Cabang Kabupaten Batu Bara, Syafri Habni, mengapresiasi bantuan yang diberikan kepada puluhan nelayan oleh perseroan tersebut.

"Bantuan pelampung ini sangat berguna bagi kami nelayan yang akan melaut, sehingga dapat lebih merasa aman dan meminimalisir risiko kecelakaan saat melaut. Terima kasih Inalum atas bantuan yang diberikan," ucapnya ketika menerima 50 pelampung di Kuala Tanjung, Batu Bara, Sumatera Utara, Jumat (4/1).

Manager Keamanan Industri Inalum (Persero), Zainuddin Iqbal pada kesempatan itu melakukan sosialisasi keamanan di laut bagi para nelayan, dan sekaligus penyerahan secara simbolis pelampung kepada perwakilan nelayan.

Dr Hasbi, tenaga medis Inalum memberikan sedikit penjelasan tentang K3 yang menekankan pentingnya menjaga kesehatan dan keselamatan kerja, khusus bagi para nelayan yang sering melaut.

"Di tengah pandemi COVID-19, mari kita senantiasa budayakan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dan menjaga kesehatan. Tentu ini dilakukan dengan menjaga pola makan, istirahat yang cukup, dan melakukan pengecekan kesehatan secara berkala," kata dr Hasbi.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021