Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumatera Utara mengapresiasi ekspor keripik singkong oleh pelaku UMKM asal Kabupaten Deliserdang ke Korea Selatan.
 
Kadis Perindag Sumut Riadil Akhir Lubis di Medan, Sabtu, mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada pelaku UMKM yang berhasil menembus pasar mancanegara.

Ia menunjuk contoh apa yang dilakukan oleh PT Kreasi Lutvi Sejahtera pimpinan Muhdi S.Ag dengan keripik singkongnya yang telah menembus pasar Korea Selatan.

"Atas nama Pemprov Sumut kami memberikan selamat kepada Pak Muhdi yang telah berjuang dan bersusah payah untuk mengawali ekspor perdana keripik singkong atas nama perusahaannya sendiri ke Korea Selatan," katanya.

Baca juga: Deliserdang dorong UMKM tembus pasar mancanegara

Ia mengatakan keberhasilan yang telah dilakukan Muhdi tersebut tentunya dapat menjadi pemacu bagi pelaku UMKM lainnya untuk bisa melakukan langkah yang sama agar bisa menembus pasar mancanegara.

Menurut dia, pelaku UMKM berbasis pertanian memiliki peluang cukup besar untuk terus berkembang dan bisa naik kelas berbasis ekspor. 

"Apa yang dilakukan Muhdi adalah contoh bagaimana dia bisa melihat peluang memasarkan produksinya keluar daerah bahkan ke Korea Selatan. Kami siap membantu pelaku UMKM untuk bisa menjadi lebih baik lagi," katanya.

Sebelumnya Bupati Deliserdang Ashari Tambunan berharap kepada pelaku IKM dan UKM bisa terus mengembangkan usahanya, seperti yang dilakukan PT Kreasi Lutvi Sejahtera yang melakukan ekspor keripik singkong ke Korea Selatan.

"Muhdi SAg berhasil menembus pasar Korea Selatan dengan keripik singkongnya. Ini bisa dijadikan contoh dan momentum bahwa produk-produk Kabupaten Deli Serdang bisa masuk pasar mancanegara," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021