Pemkab Deliserdang, Sumatera Utara, mendorong pelaku UMKM untuk terus mengembangkan usahanya, bukan hanya memasarkan pruduknya di dalam negeri namun juga harus bisa menembus pasar internasional.

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan di Lubuk Pakam, Jumat, mengatakan, pihaknyab berharap kepada pelaku IKM dan UKM bisa terus mengembangkan usahanya, seperti yang dilakukan PT. Kreasi Lutvi Sejahtera yang melakukan ekspor keripik singkong ke Korea Selatan.

"Muhdi S.Ag berhasil menembus pasar Korea Selatan dengan keripik singkongnya. Ini bisa dijadikan contoh dan momentum bahwa produk-produk Kabupaten Deli Serdang bisa masuk pasar mancanegara," katanya.

Baca juga: Keripik singkong Deliserdang tembus pasar Korea Selatan

Sebelumnya keripik singkong milik Muhdi tersebut bukan pertama kali diekspor dan selama ini Muhdi mengekspor keripik singkongnya memakai nama perusahaan milik orang lain.

"Alhamdulillah hari ini Pak Muhdi memakai nama perusahaannya sendiri yaitu PT. Kreasi Lutvi Sejahtera melakukan ekspor ke luar negeri," katanya.

Ekspor perdana keripik singkong ke Korea Selatan tersebut berlangsung di Aula Gedung P3UD Kecamatan Tanjung Morawa, yang ditandai dengan pemecahan kendi sekaligus Pemberian SK Pengesahan Kementerian Hukum dan HAM kepada Koperasi Opak Karya Bersama Desa Tuntungan I Kecamatan Pancur Batu.

Baca juga: Pemkab Deliserdang-Karo bangun jalan penghubung bersama

Dalam kesempatan itu ia juga menjelaskan tentang Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD) Kabupaten Deliserdang yang berlokasi di Tanjung Morawa.

Pemkab Deli Serdang berharap dan bercita-cita, bahwa kawasan itu digunakan untuk pelaku usaha UMKM termasuk Industri Rumah Tangga (IKM) bisa bertemu, bersilahturahmi, bertukar informasi, saling memotivasi.

Melalui Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD) Deliserdang itu juga diharapkan kepada pelaku UMKM diberikan pelatihan oleh unsur-unsur yang berkompeten.

"Seperti dari Bea Cukai, Balai Karantina, sekaligus Perbankan bisa bertemu langsung dan memberi penjelasan tentang perizinan kepada pelaku UMKM di Deliserdang untuk menjadikan meraka lebih giat, mengerti dan maju," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021