Pemerintah Provinsi Sumut, Kamis, kembali mendapat pasokan vaksin COVID-19 sebanyak 32.880 dosis yang akan diperuntukkan bagi tenaga kesehatan di 30 kabupaten/kota.

"Vaksin itu merupakan tahap ke empat yang diterima Sumut dari PT Biofarma. 32.880 dosis itu untuk nakes (tenaga kesehatan) di 30 kabupaten/kota yang belum mendapat jatah," ujar Asisten Administrasi Umum Mhd Fitriyus di Medan, Kamis (28/1).

Tiga kota/kabupaten lainnya yakni Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deliserdang (Mebidang) sebelumnya sudah lebih dahulu menerima vaksin.

Baca juga: Kemenkes akui ada pasien COVID-19 bayar obat sendiri

Fitriyus berharap dengan tambahan vaksin, seluruh nakes di Sumut bisa divaksin.

"Vaksin akan didistribusikan sesuai jadwal dan untuk sementara disimpan di cold storage (lemari pendingin) Dinas Kesehatan Sumut,” ujar Fitriyus usai menerima vaksin COVID-19 itu di Posko Satgas Penanganan COVID-19 Sumut.

Menurut Fitriyus yang didampingi Wakil Ketua Satgas Bidang Pengendalian Pendisiplinan Prokes Sumut, Azhar Muliadi, dengan masuknya 32.880 dosis vaksin itu, maka total vaksin yang sudah diterima Sumut sudah 147.720 dosis.

Baca juga: Pasien terkonfirmasi COVID-19 Sumut bertambah 95 orang

Vaksin itu digunakan untuk 72.451 nakes, pemimpin daerah, pejabat, tokoh masyarakat dan tokoh agama (kelompok pertama).

“Pemprov Sumut berharap ada segera penambahan jatah vaksin lagi untuk Sumut yang akan disuntikkan ke kelompok masyarakat seperti TNI, Polisi, ASN yang banyak kontak dengan masyarakat dan lainnya," katanya.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut, dr Aris Yudhariansyah berharap distribusi vaksin ke Sumut tetap lancar agar proses vaksinasi berjalan dengan baik

“Hingga saat ini masih nakes yang divaksin karena memang mereka yang paling membutuhkan, agar bisa menangani pasien COVID-19 lebih baik dan tidak ada lagi nakes yang terpapar virus,” ujar Aris.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021