Wali Kota Tebing Tinggi H Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan kuliner lemang sebagai ikon Kota Tebing Tinggi harus tetap dipertahankan, untuk mempertahankan ikon tersebut dibutuhkan inovasi dan kreatifitas para pengusaha lemang yang ada sebagai makanan tradisi kota ini.

Demikian disampaikan Wali Kota  H Umar Zunaidi Hasibuan saat Sarapan Lemang Bersama sekaligus peresmian secara simbolis Lokasi Wisata Lemang Kota Tebing Tinggi, hasil pengabdian pada masyarakat LPPM USU Medan, Kamis (28/1) di Gedung Balai Kartini Jalan Gunung Lauser. Nantinya lokasi wisata kuliner lemang akan ditempatkan di Terminal Bandar Kajum Tebing Tinggi.

Wali kota mengatakan, ini merupakan langkah awal yang dilakukan untuk kiranya menumbuhkan kreatifitas dari pengusaha lemang di Kota Tebing Tinggi. Lemang ini bukan hanya menyangkut masalah produksinya saja, tetapi kemasannya, mutu dan rasa serta pemasarannya.

Baca juga: Seorang pria tewas ditabrak KA di Tebing Tinggi

Maka oleh karena itu hari ini kita mencoba lemang dengan berbagai rasa varian dan topping. Nanti nya juga akan mengintervensi masuknya lemang ini ke restoran atau kafe sebagai menu pembuka atau penutup hidangan. Sehingga kuliner lemang memang menjadi ciri khas Kota Tebing Tinggi,kata Wali kota.

Wali kota menyampaikan, kreatifitas inovasi adalah untuk membuat standar lemang itu dalam bentuk ukuran maupun rasa baik melalui olahan tradisional maupun melalui teknologi. Namun lemang tradisional perlu juga dilestarikan agar konsumen tau perbandingan rasa lemang tradisional dan lemang modren.

Oleh karena itu tetap dijaga, yang tradisional tidak dihilangkan, tetapi yang modern tetap dilakukan untuk peningkatan produksi dari pada pedagang. Namun semuanya harus ada didalam kemasan baik dalam kotak maupun kemasan lainnya, serta mencantumkan kompesisi bahan makanan, lebel halal, jika perlu ada keterangan dari BPOM sebagai bentuk kualitas makanan yang akan kita pasarkan,” ujar Wali Kota

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi Basyaruddin Nasution dalam sambutannya mengatakan, kita bersyukur sebagai warga Kota Tebing Tinggi bisa merasakan makanan lemang setiap hari. Apalagi lemang hari ini banyak rasa dan varian serta modifikasi yang menggugah selera kita.
  
Kalau dulu di luar Kota Tebing Tinggi tepatnya di kampung, kita bisa merasakan lemang hanya 1 kali setahun, itupun saat lemaran saja dan dengan 1 rasa yang sama. Alhamdulillah hari ini kita bisa makan lemang dengan aneka ragam varian rasa. Semoga hal ini bisa meningkatkan ekonomi Kota Tebing Tinggi,harap Ketua DPRD.
      
Kegiatan juga dirangkai penyerahan hadiah dan sertifikat lomba Kampung Tangguh 2020, Desain Motif Batik dan Inovasi TTG 2020. Hadir dalam acara tersebut, Sekda Muhammad Dimiyathi, Ketua Tim LPPM USU Dr Achmad Delianur Nasution, para OPD Pemko Tebing Tinggi

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021