Bupati Asahan, H Surya mengikuti rilis bersama  data sensus penduduk 2020 dan data administrasi kependudukan 2020, Selasa (26/01/21) di aula pendopo runah dinas  bupati.

Bupati berharap data yang dihasilkan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020 diharapkan bisa menjadi pedoman dalam melakukan tahapan pembangunan.

" Data sensus BPS digunakan dalam pembangunan, hal ini agar pembangunan dilaksanakan terukur dan memberikan dampak kepada kesejahteraan warga," ungkap Surya 

Sensus penduduk sendiri kata Surya merupakan program yang dilakukan rutin 10 tahun sekali yang bertujuan menghasilkan satu data kependudukan yang merupakan program satu data Indonesia, berdasarkan amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2019 yang sudah ditindaklanjuti dengan peraturan Bupati Asahan nomor 21 tahun 2020 tentang penyelenggara satu data Indonesia tingkat Kabupaten Asahan. 

" Mari kita berikan kontribusi terbaik untuk daerah Asahan. Suksesnya sensus penduduk berarti suksesnya kita semua," ujar Surya.

Bupati juga meminta OPD untuk turut membantu BPS melakukan sensus penduduk long form di bulan September mendatang. " Bantu sensus ini sesuai kewenangan masing-masing, " ujar Surya.

Sementara itu kepala BPS Asahan, Dra. Minda Flora Ginting menjelaskan data sensus penduduk tersebut didasari dengan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Asahan. 

" Data Capil kami singrongkan dilapangan sehingga data bisa akurat," ujarnya, sembari mengatakan tujuan utama sensus adalah untuk mengetahui stok atau jumlah penduduk di suatu wilayah khususnya di wilayah Kabupaten Asahan pada tahun 2020.

Kemudian kegiatan rilis bersama tersebut dirangkai dengan presentasi oleh kepala dinas kependudukan dan catatan sipil, Supriyanto dan kepala BPS Asahan.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021