Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan bersama General Manager Unit Induk wilayah Sumut M Irwansyah Putra menandatangani nota kesepahaman antara PLN dengan Pemerintah Kabupaten Taput tentang pembangunan listrik desa menuju desa berlistrik 100 persen dan kehandalan penyediaan ketenagalistrikan di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, Kamis (21/01). 

"Saat ini sudah hampir semua desa dan dusun yang sudah teraliri listrik. Namun, ada dua desa lagi yang tertinggal karena belum bisa dilalui kendaraan roda empat untuk mengangkut material PLN, yakni Desa Hutatua dan Desa Hutajulu Balik," ungkap Nikson.

Baca juga: Pengcab ESI Taput dilantik secara virtual targetkan atlet daerah tembus kancah nasional

Dikatakan, demi upaya mewujudkan hal tersebut, pihaknya segera akan membangun jembatan demi memudahkan aksesibilitas dimaksud.

"Saat ini kendalanya ada pada aksesibilitas, dimana dibutuhkan kerjasama dan gotongroyong masyarakat untuk mengangkat tiang melalui jalan seadanya sepanjang lebih kurang 6 km atau menunggu jembatan yang akan segera kita bangun," tuturnya didampingi Asisten Pemerintahan Parsaoran Hutagalung, serta Asisten Ekonomi Pembangunan Osmar Silalahi dan beberapa Pimpinan OPD.

Bupati menegaskan, kesempatan pembangunan listrik desa menuju desa berlistrik 100 persen akan segera dituntaskan hingga seluruh desa dan dusun di Taput teraliri listrik. 

"Di 2021 ini, seluruh desa dan dusun di Taput harus terang benderang. Apa yang harus kami benahi untuk program berlistrik 100 persen akan kami tindaklanjuti. Terimakasih untuk pihak PLN yang hadir saat ini untuk Taput," terangnya.

Pada kesempatan itu, General Manager unit induk wilayah Sumut M Irwansyah Putra juga menyampaikan, ada 31 titik lagi yang akan dituntaskan tahun ini dan ada 8 titik yang menjadi dusun super prioritas yang segera direalisasikan. 

"Keinginan Bapak Bupati Taput untuk Taput terang benderang akan segera kita realisasikan," ujar Irwansyah. 

Irwansyah Putra tampak didampingi Senior Manager Perencanaan Abdul Rohim, Senior Manager SDM dan Umum Edi Irawan, Senior Manager Niaga Chairudin, Manager UP3 Sibolga Deni Fitrianto, Manager ULP Tarutung Riki Johanes Saragih, serta Manager ULP Siborongborong Dovin Simbolon.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021