Majelis Daerah (MD) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) se Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) menyatakan kesiapannya menyukseskan Musyawarah Wilayah (Muswil) VI KAHMI Sumatera Utara pada tanggal 5-6 Februari 2021 mendatang di Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan. 

"Selaku panitia kami akan bekerja semaksimal mungkin agar Muswil VI KAHMI Sumut di tanah kelahiran pendiri HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) Prof Lafran Pane di Sipirok ini berjalan sukses," kata Koordinator Presedium KAHMI Parulian Nasution dalam keterangannya diterima, Minggu (17/1).

Muswil VI ini nantinya akan membahas berbagai program, yaitu laporan pertanggungjawaban Pengurus KAHMI Sumut (2015 - 2020), penyusunan program kerja (2021 - 2025), dan rekomendasi organisasi dan pemilihan pengurus baru.

Direncanakan akan dihadiri oleh Kakanda Akbar Tandjung, Harry Azhar Azis, Viva yoga, Akhmad Doli Kurnia Tanjung dan Baharuddin Aritonang. Yang akan menjadi penyemangat Muswil KAHMI Sumut.

"Kami berharap agar SC dan OC dapat bekerja lebih terprogram sehingga Muswil ini bisa melahirkan arah dan kebijakan yang terbaik. Termasuk dukungan pemerintah daerah dan stakehokder lainnya," katanya.

MD KAHMI juga diharap bisa meningkatkan partisipasi Pembangunan Daerah dalam upaya mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta penyelenggaraan pembangunan yang bisa mengakselerasi pemulihan ekonomi Nasional dan Daerah.

Ia menyinggung, bilamana nantinya ada gesekan menjelang Muswil, ini sesungguhnya hanya dinamika yang mengarah pada perkembangan KAHMI ke depan. 

"Jujur kita menjawab saat ini sedikitnya ada lima kandidat yang sudah muncul menawarkan berbagai program, ada dari politisi, ada dari akademisi, ada dari birokrasi dan ada juga dari pengusaha," ungkapnya.

Menurut dia, banyaknya figur yang muncul pertanda bahwa KAHMI Sumut kaya akan kader militan yang mumpuni. Karena apabila muncul perbedaan pemikiran dan dukungan itulah sesungguhnya dinamika KAHMI yang senantiasa mengarah kepada perkembangan, katanya. 

"Kiranya melalui Muswil ini dapat terbangun semangat demokratisasi yang sesuai dengan semangat insan cita HMI. Yang tetap menjunjung tinggi nilai dasar perjuangan, tafsir azas, leadership dengan strategi taktik yang menjunjung tinggi nilai, norma dan etika moral," pungkasnya.

Selain itu, Muswil ini juga diharapkan akan semakin meningkatkan soliditas agar KAHMI Sumut ke depan lebih diperhitungkan diberbagai lini kehidupan di dalam pengabdian. 

"Mudah-mudahan Muswil KAHMI Sumut dapat berjalan aman, lancar dan terkendali dengan tetap mengedepankan semangat persaudaraan dan menumbuh suburkan nilai-nilai Demokrasi Pancasila sebagai warisan yang harus dilestarikan kembali," harap Parulian lebih jauh.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021