Hari pertama kegiatan Tahun Baru 2021, Jumat, Merdeka Walk di Jalan Balai Kota Medan Sumatera Utara sepi dan tidak seperti pada hari-hari biasanya cukup ramai dikunjungi oleh masyarakat.

Pemantauan di Medan, Jumat malam, pada kegiatan Tahun Baru ini warga juga dilarang berkerumun baik di restoran, tempat -tempat umum, maupun di pinggiran jalan guna mencegah penyebaran pandemi COVID-19 yang sangat berbahaya bagi masyarakat.

Sejumlah warga Medan tampaknya tidak ingin ke luar rumah, dalam merayakan Tahun Baru itu, dan mereka lebih memilih untuk tinggal di rumah, karena adanya larangan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Medan kepada masyarakat agar tidak berkerumun maupun berkumpul.

Baca juga: Libur tahun baru, Istana Maimun Medan ramai dikunjungi warga

Bahkan, petugas Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Medan, pada malam pergantian Tahun Baru Kamis (31/12) malam juga melarang para remaja duduk -duduk di depan Merdeka Walk, yang dianggap bisa menyebarkan COVID-19.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara meminta pengelola industri pariwisata agar bersikap tegas dalam menerapkan disiplin protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat maupun pengunjung guna mencegah penyebaran pandemi COVID-19.

Peraturan yang cukup tegas itu dilaksanakan sehubungan libur panjang dan kegiatan Tahun Baru 2021 di wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Sektor pariwisata juga harus melakukan pemantauan terhadap penerapan Cleanlines, Healthy, Safety dan Environment Sustainable (CHSE) dalam menyambut kunjungan wisatawan.

Selain itu, objek wisata harus menyiapkan alat mencuci tangan berupa hand sanitizer, sabun, dan tempat mencuci tangan bagi pengunjung yang datang ke lokasi tempat hiburan pada Tahun Baru.*

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021