Satgas Penanganan COVID-19 Pemkot Medan memastikan bahwa berbagai tempat wisata dan liburan di wilayah itu telah menerapkan protokol kesehatan tahun ini untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru itu.

"Kota Medan itu, tidak punya lokasi wisata, seperti pemandian. Tapi kebun binatang dan beberapa objek wisata bersejarah kita ada. Kalau protokol kesehatan, itu sudah menjadi suatu keharusan," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Pemkot Medan dr Mardohar Tambunan di Medan, Selasa.

Meski demikian, lanjutnya, tim satgas COVID-19 tetap melakukan pengawasan maupun kepatuhan protokol kesehatan di lokasi objek wisata bersejarah tersebut, khususnya penegakan hukum kepada pengunjung menjelang liburan Tahun Baru 2021.

Banyak tempat wisata bersejarah di Kota Medan yang layak dikunjungi warga sekitarnya, karena ibu kota Provinsi Sumatra Utara terkenal kaya akan keragaman budaya dan menyimpan potensi wisata yang cukup beragam.

Objek-objek wisata bersejarah, di antaranya Istana Maimun, Masjid Raya, dan Rumah Tjong A Fie yang merupakan destinasi wisata favorit karena menjadi daya tarik dan sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Seperti yang kecil-kecil itu (Istana Maimun, Masjid Raya, dan Rumah Tjong A Fie, red.), sudah lama kita terapkan protokol kesehatan. Terkadang ramai, terkadang tidak. Tapi tetap kita minta, karena ini mendekati masa libur," ungkapnya.

Ia juga menyebutkan tentang banyaknya plaza di daerah setempat yang telah menerapkan protokol kesehatan.

"Yang paling banyak itu, bukan ke objek wisata. Tapi ke plaza. Di Medan kan banyak plaza, dan kita tidak sangsi lagi karena mereka sudah terapkan (protokol kesehatan, red.)," kata Mardohar.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020