Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Tebing Tinggi lakukan kunjungan kesekolah-sekolah SD dan SMP untuk melakukan penilaian (verifikasi), terhadap kesiapan sekolah dalam melakukan pembelajaran Tatap Muka pada tanggal 4 Januari 2021.

Tim Verifikasi dari Satgas COVID-19 Tebing Tinggi yang terdiri dari Kadis Kesehatan dr. H. Nanang Fitra Aulia, Kadis Kominfo Dedi Parulian Siagian, Plt Kadis Pendidikan Idam Khalid dan Kadis Perhubungan Syafrin Harahap langsung mengunjungi SMP Negeri 1 dan SD Swasta KF Tandean Tebing  Tinggi, Senin (28/12). 

Juru Bicara Satgas COVID-19 Tebing Tinggi dr Nanang Fitra Aulia mengatakan, "hari ini Satgas COVID-19 Pemko Tebing Tinggi melaksanakan verifikasi untuk dimulainya pembelajaran sekolah tatap muka yang  direncanakan pada tanggal 4 Januari 2021. Tim Satgas dibentuk saat ini oleh Wali Kota untuk bisa memverifikasi sekolah-sekolah yang akan melakukan pembelajaran tatap muka

Jadi didalam verifikasi itu memenuhi semua persyaratan-persyaratan sesuai dengan aturan protokol-protokol kesehatan untuk dimulainya pembelajaran," kata H. Nanang 

Menurut Kadiskes verifikasi dimulai hari ini sampai tanggal 30 Desember 2020. Tim Satgas dibentuk untuk bekerja memverifikasi sebanyak hampir 98 sekolah SD dan SMP yang ada dikota Tebing Tinggi ini, untuk dinilai layak apa tidak melaksanakan pembelajaran tatap muka pada tanggal 4 Januari mendatang.

Yang diverifikasi adalah penerapan dan perlengkapan protokol kesehatan yang telah dipenuhi oleh sekolah termasuk tempat cuci tangan, hands sanitizer, thermo gun dan kebersihan lingkungan sekolah termasuk toilet" ujar Nanang 

Yang paling utama menurut dr Nanang adalah persyaratan atau ijin dari Komite Sekolah. "Ini merupakan persyaratan mutlak, dan juga ijin dari orang tua murid untuk memulai pembelajaran disekolah tersebut. Ini yang menjadi persyaratan utama Jelas Jubir Satgas Covid 19 Tebing Tinggi. 

LKalau  ditemukan nanti dari Tim Verifikasi ada sekolah yang belum layak, maka tidak akan diberikan ijin terhadap sekolah tersebut untuk memulai sekolah tatap muka. Inti nya jika sekolah tidak siap maka tidak akan diijinkan sekolah itu memulai belajar tatap muka, tegas dr. H. Nanang

Sementara itu, Plt Kadis Pendidikan Idam Khalid menjelaskan, "dari hasil kunjungan Tim Verifikasi terhadap sekolah SMP Negeri 1 dan SD Swasta Tandean dilihat memenuhi syarat. Mudah-mudahan di dua sekolah yang ditinjau saat ini bisa memulai pembelajaran tatap muka di awal tahun depan, berikut sekolah lainnya yang saat ini juga ada peninjauan Tim Verifikasi" kata Plt. Kadisdik Tebing Tinggi Idham Kahlid. 

Saya kira, ada sekolah tentunya nanti apabila tidak memenuhi syarat tentu tidak diberikan ijin untuk memulai sekolah tatap muka. Namun kepada sekolah tersebut kita himbau agar segera melengkapi seluruh persyaratan pembelajaran tatap muka, kata Kadisdik. 

Saat melakukan peninjauan, Tim Verifikasi langsung mengecek persiapan peralatan protokol kesehatan. Kebersihan kamar mandi juga tidak luput dari penilaian. Kepada kepala sekolah Tim Verifikasi menegaskan agar mengatur duduk siswa nantinya menjadi 1 meja 1 orang.

Tidak dibenarkan memakai alat pendingin ruangan (AC), sirkulasi udara harus ada dan semua alat pencuci tangan berikut sabunnya harus tersedia dengan baik dan lancar. Bagi sekolah yang memiliki lebih dari 2 lantai maka tangga naik dan tangga turun bagi siswa harus dipisahkan.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020