Ada  67 guru Asahan dari berbagai sekolah di Kabupaten Asahan mengikuti pelatihan buku ber- International Standard Book Number (ISBN )sampai terbit yang diselenggarakan oleh PGRI Asahan bekerjasama dengan Pasda Tanoto Foundation.

Kegiatan yang digelar di Aula SMP Negeri 3 Kisaran Jl. Madong Lubis, Selawan, Kec. Kisaran Timur, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Kamis( 24/12/ 2020) mendapatkan apresiasi dari dinas pendidikan Asahan.

Baca juga: Berbagi program, DRD Asahan kunjungi Balitbang Labuhanbatu

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena kegiatan ini sangat memberikan manfaat," demikian kata Kadisdik Asahan yang diwakili oleh Kabid SMP Mursaid saat menghadiri kegiatan.

Mursaid menyebutkan sebagai guru harus prefesional dalam penulisan sehingga nantinya dapat menulis sebuah buku. 

" Saya berharap pada para peserta ibu bapak guru nantinya bisa benar benar mengikuti dan mendengar para narasumber agar dapat ilmu dalam penulis buku," ungkapnya.

Ketua PGRI Asahan, Malanton L. Hasibuan menjelaskan kegiatan tersebut sebenarnya digelar dalam setahun dua kali, namun karena pendemik COVID-19, kegiatan baru saat ini bisa diselenggarakan. 

" Kepada para peserta nantinya bisa  menorehkan tulisannya ke dalam sebuah buku dan kalau bisa bulan Desember ini sudah terbit," ujar Malanton, sembari mengatakan pihaknya sangat  mendukung pelatihan tersebut.

Sementara itu, Aswin Purba dari Distrik Tanoto Foundation Asahan menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan penulis pemahaman tentang teknik dan dasar-dasar membuat tulisan dan memicu guru di Asahan sebagai penulis buku yang akan terbit dari pelatihan ini dan juga mencapai tujuan pendidikan berkwalitas melalui  gerakan literasi. 

"Saya mengapresiasi para guru untuk menulis sebuah buku, karena buku merupakan sumber informasi termasuk sember pengetahuan bagi pembacanya," sebut Aswin.

Aswin berharap dengan diadakannya kegiatan tersebut dapat melahirkan penulis-penulis yang berasal dari Kabupaten Asahan mampu menulis buku ber-ISBN sampai terbit agar kemitraan ini mencapai tujuan Pendidikan yang berkwalitas tetap terjalin dengan berbagai elemen di Kabupaten Asahan.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020