Hasil penghitungan sementara dari foto formulir model C, hasil-KWK yang dikirim KPPS lewat Sistem Rekapitulasi Elektronik (Sirekap) untuk Pilkada Madina telah selesai 100 %.

Berdasarkan data Sirekap itu, pasangan calon (Paslon) nomor urut 02, Drs Dahlan Nasution - H Aswin Parinduri mengungguli Paslon nomor urut 01, HM Jakfar Sukhairi - Atika Azmi Utammi dengan jumlah selisih 308 suara.

Dilihat ANTARA dari situs https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkp hingga pukul 15.50 Wib Selasa (15/12) terlihat 1008 TPS yang ada di Madina telah terdata.

Baca juga: Versi Sirekap, Paslon 02 sementara unggul tipis dengan 01

Berikut ini hasil Pilkada Madina versi Sirekap di situs KPU :

1. Pasangan calon nomor urut 01, HM Jakfar Sukhairi - Atika Azmi Utammi memperoleh 78.783 suara atau sekitar 38,8 %.
2. Pasangan calon nomor urut 02, Drs Dahlan Hasan Nasution-H Aswin Parinduri meraih suara sebanyak 79.091 suara atau sekitar 39,0 %.
3. Pasangan Calon nomor urut 03, Sofwat-Zubeir memperoleh 45.051 suara atau 22,2 %.

Ketua KPU Kabupaten Madina, Fadhillah Syarief mengatakan, sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) tersebut merupakan alat bantu perhitungan suara yang disediakan oleh KPU, dengan memasukkan hasil rekapitulasi suara oleh KPPS.

“Ya, aplikasi SIREKAP itu alat bantu hitung cepat dari KPU, petugas KPPS memasukkan Model C.Hasil-KWK yang dikirim oleh KPPS melalui Sirekap," ujarnya.

Data yang ditampilkan pada menu hitung suara bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dilakukan secara berjenjang sesuai tingkatannya dalam Rapat Pleno terbuka.

Sebagai informasi, Sukhairi - Atika Azmi Utammi merupakan calon yang diusung oleh partai PKB, PKS dan Hanura. Sementara Dahlan - Aswin merupakan paslon yang diusung oleh, Golkar, Nasdem, PDIP, PPP, Perindo, PKPI dan partai Beringin Karya. Sedangkan Sofwat - Zubeir diusung oleh partai Gerindra, PAN dan Demokrat.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020