Menjelang pelaksanaan Pilkada Sibolga yang tinggal satu hari lagi, peningkatan pengamanan semakin diperketat. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi segala bentuk pelanggaran dan kecurangan yang dapat menganggu kekondusifan pelaksanaan Pilkada Sibolga.

Kapolres Sibolga AKBP Triyadi yang ditemui usai acara Apel Siaga pengamanan Pilkada di Lapangan Simaremare Sibolga, kemarin, menegaskan, pihaknya sudah siap untuk mengamankan Pilkada Sibolga, termasuk mengantisipasi pemilih dari luar daerah Sibolga.

“Sesuai perkiraan intelijen kami, pemilih dari luar Sibolga berpeluang masuk, padahal sesuai dengan PKPU terbaru, ketentuan pencoblosan yaitu warga negara yang khususnya KTP di Sibolga, tidak boleh KTP di luar Sibolga. Jadi kita sudah lakukan antisipasi dengan koordinasi dengan Kapolres Tapteng, TNI, Lanal Sibolga untuk penjagaan di titik-titik perbatasan,” ungkapnya.

Baca juga: Apel gelar pasukan kesiapan TNI-Polri mengamankan pilkada Sibolga

Ditanya ada berapa titik wilayah perbatasan yang dijaga, menurut Kapolres sebanyak 15 titik, itu sudah termasuk dari jalur laut.

“Khusus untuk laut, kita sudah koordinasi dengan pak Danlanal Sibolga, dan akan mengerahkan armadanya untuk mengantisipasi perbatasan laut. Jadi dalam pengamanan Pilkada Sibolga ini, kami sudah dapat BKO terkhusus dari TNI yakni Kodim 0211/TT sebanyak 250 personel, 60 personel dari Lanal Sibolga, kemudian dari Polres Tapteng 1 pleton sebagai penyangga keamanan di Polres Sibolga, ditambah 200 personel dari Polres Sibolga,  dan 1 Kompi dari Brimob,” tandasnya.

Menjawab wartawan, Kapolres menambahkan, terkait pelanggaran Pilkada agar langsung dilaporkan ke Bawaslu selaku Badan Pengawas Pemilu.
Dengan adanya sinerginitas antara TNI-Polri, Kapolres berkeyakinan Pilkada Sibolga akan berjalan dengan aman dan terkendali.

Sementara itu Sekdakot Sibolga Yusuf Batubara mewakili Wali Kota yang hadir dalam Apel Siaga itu mengimbau, agar masyarakat Sibolga menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hari nuraninya, dan jangan ikut-ikutan untuk melakukan keributan.

“Apa pun hasil Pilkada Sibolga adalah keberhasilan dari masyarakat Kota Sibolga,” imbuhnya.
Sementara itu hasil pantuan di lapangan, Selasa (8/12), para petugas gabungan keamanan Pilkada Sibolga ini telah begerak melakukan pengamanan termasuk patroli keliling.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020