Jumlah konfirmasi COVID-19 di Kabupaten Mandailing Natal terus mengalami penurunan. Berdasarkan peta penyebaran virus Corona yang dikeluarkan oleh Satgas percepatan penanganan virus Corona per 4 Desember 2020 jumlah konfirmasi positif berjumlah dua orang.

Ke dua orang terkonfirmasi tersebut berada di Kecamatan Panyabungan.

Sedangkam yang tercatat suspek nol, probable nol dan kontak erat 21 orang.

Baca juga: Madina berpotensi penyumbang bawang merah di Sumut

Kasatgas Media Percepatan Penanganan COVID-19 Madina, Sahnan Pasaribu menyebut, penurunan angka COVID-19 ini setelah adanya penerapan praktik 3T (Tracing, Testing, Treatment) yang dilakukan oleh Satgas Provinsi dan  Satgas kabupaten dalam tiga bulan terakhir.

Selain itu, penurunan angka ini juga diakibatkan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan 

“Masyarakat perlu kita beritahu, penurunan angka konfirmasi ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, terutama kesadaran masyarakat yang kian meningkat dalam mencegah penularan virus corona di Madina," ujarnya.

Sahnan menyebut, dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona tersebut berbagai upaya telah dilakukan, diantaranya adalah melakukan himbauan dan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat, selain itu penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan juga dilakukan salah satunya dengan melaksanakan razia masker dan penempelan stiker pencegahan COVID-19.

Sejak kasus COVID-19 melanda Kabupaten Mandailing Natal tercatat sebanyak 326 orang yang terkonfirmasi positif virus Corona, sedangkan yang sudah selesai isolasi tercatat 324 orang. Sementara yang meninggal dunia berjumlah tujuh orang.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020